Kandungan Gizi dan Manfaat Telur Ikan pada Kesehatan


Loading...

Manfaat Telur Ikan Kandungan gizi telur ikan sangat tinggi akan asam lemak Omega 3, kandungan ikan ini hampir pada semua jenis ikan, terutama dari telur ikan salmon.

Telur ikan salmon ini biasa disebut roe sedangkan dan kaviar berasal dari ikan sturgeon. Perbedaan antara roe dan kaviar adalah lebih dari sekedar jenis ikan itu berasal.

Kandungan Gizi Telur Ikan

Dalam 1sdm telur ikan mengandung 19-40 kalori. Kaviar adalah varietas yang paling banyak mengandung energi dan lemak, sementara jenis telur ikan lainnya mengandung sekitar 1 gr saja.

Kandungan gizi telur ikan seperti protein, memberikan 3 sampai 4 gr/ 1 sdm. Kebanyakan orang dewasa harus mengkonsumsi 46-56 gram protein setiap harinya, baik untuk persediaan energi maupun untuk pertumbuhan dan perbaikan jaringan otot.

Telur ikan juga menyediakan hingga 1 g karbohidrat/ 1 sdm, sementara untuk keperluan orang dewasa memerlukan 130 g karbohidrat setiap harinya. Telur ikan sering disajikan dengan roti atau nasi yang berkontribusi untuk ketersediaan kebutuhan dari makronutrien ini.

Vitamin dan Mineral

Diet telur ikan memasok hingga 11 persen dari kebutuhan besi dalam 1sdm telur ikan. MAnfaat besi untuk tubuh yaitu mempromosikan oksigenasi dari darah dan otot, sehingga individu yang tidak mendapatkan cukup zat besi dapat menyebabkan kelelahan, sakit kepala dan jantung berdebar-debar akibat suatu kondisi yang disebut anemia.

READ:  Defenisi dan Gejala Keracunan Darah

Satu porsi telur ikan berisi 1 sampai 6 persen (tergantung dari jenis ikan) dari asupan harian Vitamin A yang direkomendasikan. Vitamin ini memainkan peran penting dalam visi (penglihatan) manusia, terutama disaat malam hari.

Masalah mata kering juga dapat diatasi dengan pengobatan dengan menggunakan vitamin A. Manfaat lainnya pada mata seperti membantu mencegah kerusakan mata dari radikal bebas.

Selain itu, 1sdm telur ikan mengandung hingga 4 persen dari kebutuhan vitamin C untuk orang dewasa.

Beberapa manfaat lain dari kandungan gizi telur ikan

Telur ikan merupakan sumber yang kaya asam lemak omega-3 . Penelitian yang dipresentasikan pada tahunan 2009 Weston A. Price Foundation Konferensi ” Tradisi Bijaksana” mencatat bahwa roe salmon mengandung lemak yang lebih baik daripada telur ikan lainnya, meskipun semua telur ikan mengandung asam lemak omega-3 yang tinggi.

Lemak esensial dari telur ikan membantu dalam fungsi kognitif, penurunan level depresi dan mengurangi gejala yang berhubungan dengan gangguan bipolar, skizofrenia, dan Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD). ADHD ini adalah gangguan yang berhubungan dengan mental dan gangguan neurobehavioral (gangguan fungsi otak yang berhubungan perilaku seseorang).

READ:  Peran Penting Makanan Terhadap Kesehatan

Fungsi lain dari Lemak esensial dari telur ikan berkontribusi untuk kesehatan jantung manusia seperti penyakit kegagalan jantung, lemah jantung dll.

Pertimbangan

Telur ikan bisa mengandung kadar sodium yang tinggi, sehingga bagi individu yang menghindari diet garam tidak baik untuk mengkonsumsi telur ikan dalam porsi banyak.

Beberapa telur ikan memiliki hanya 13 mg per 1-sdm namun kaviar memiliki 240 mg dalam setiap porsinya. The American Heart Association merekomendasikan membatasi natrium dalam rencana makan harian sampai 1.500 mg atau kurang untuk menurunkan resiko tekanan darah tinggi, stroke dan serangan jantung.

Karena telur ikan mengandung kontaminan seperti merkuri, wanita hamil harus berhari-hati saat memasukkan telur ikan dalam diet mereka ( Tidak lebih dari 177 ml per minggunya.

Kandungan gizi telur ikan sangat tinggi akan asam lemak Omega 3, kandungan ikan ini hampir pada semua jenis ikan, terutama dari telur ikan salmon.

Loading...