Gejala dan Pengobatan untuk Anemia

 

Gejala dan Pengobatan untuk AnemiaAnemia dalam istilah awamnya seringkali disebut dengan penyakit kurang darah. Anemia atau kurang darah ini merupakan gangguan kesehatan karena  terlalu rendahnya sel darah merah atau hemoglobin dalam tubuh sebagai kendaraan oksigen untuk meyebar keseluruh tubuh kita.

Nah, ketika sel darah merah ini terlalu rendah dari batas normalnya maka secara otomatis juga turut mempengaruhi jumlah oksigen yang diedarkan keseluruh tubuh kita. Makanya orang yang anemia ini selalu merasa lelah ataupun gampang lelah.

Gejala anemia lainnya seperti kulit tampak pucat, palpitasi atau tidak teraturnya denyut jantung, sesak nafas dan sebagainya.

Penyebab utama anemia adalah perdarahan, hemolisis (penghancuran berlebihan dari sel-sel darah merah), rendahnya produksi sel darah merah (seperti pada penyakit sumsum tulang), dan rendahnya produksi hemoglobin.

Anemia ini bisa terjadi pada siapa saja utamanya wanita yang sedang haid. Penyebab anemia pada anak-anak umumnya disebabkan karena defisiensi zat besi. Anemia juga sering disebabkan oleh perdarahan gastrointestinal yang disebabkan oleh obat-obatan, termasuk obat-obatan umum seperti aspirin dan ibuprofen.

Pengobatan untuk anemia tergantung pada jenis, penyebab, dan tingkat keparahan kondisi. Perawatan mungkin termasuk perubahan diet atau suplemen, obat-obatan hingga operasi atau pembedahan yang bertujuan untuk meningkatkan sel darah merah atau sel darah merah untuk membawa oksigen.

“Hemoglobin adalah protein yang kaya zat besi dalam sel darah merah yang membawa oksigen ke tubuh”.

Rendahnya tingkat vitamin atau zat besi dalam tubuh dapat menyebabkan beberapa jenis anemia. Anemia secara umum kemungkinan besar akibat dari pola makan yang buruk, penyakit ataupun karena kondisi tertentu.

Untuk meningkatkan vitamin atau tingkat zat besi, dokter anda mungkin akan meminta anda untuk mengubah diet anda atau mengambil vitamin atau suplemen zat besi.
Suplemen vitamin yang umum adalah vitamin B12 dan asam folat (folat). Vitamin C kadang-kadang diberikan untuk membantu tubuh untuk menyerap zat besi dari makanan yang kita konsumsi.

Berikut adalah bentuk pengobatan anemia melalui diet dan suplemen yang umumnya disarankan oleh dokter seperti:

• Zat besi

Untuk mengobati anemia lainnya, dokter anda mungkin menyarankan untuk mengonsumsi makanan dari daging ataupun hati sapi, daging ayam, kerang dan beberapa jenis dading ikan lainnya.
Dari makanan non daging, sumber zat besi seperti sayur bayam, tahu, kacang merah dan jenis sereal yang diperkaya dengan zat besi.

Zat besi juga tersedia dalam bentuk suplemen yang biasanya dikombinasikan dengan multivitamin dan mineral lain yang membantu tubuh dalam menyerap zat besi.

“Manfaat zat besi sendiri adalah untuk memproduksi hemoglobin”.

Tapi anda juga disarankan untuk tidak berlebihan dalam mengkonsumsi zat besi ini karena bisa menimbulkan komplikasi lain terhadap kesehatan sehingga mengambil suplemen zat besi hanya jika diresepkan oleh dokter.

• Vitamin B12
Rendahnya tingkat vitamin B12 dapat menyebabkan anemia pernisiosa sehingga anemia jenis ini sering diobati dengan suplemen vitamin B12.

Sumber makanan yang baik untuk mendapatkan vitamin B12 seperti sarapan sereal dengan tambahan vitamin B12, daging (daging sapi, hati, unggas, ikan), telur dan produk susu (seperti susu, yogurt, dan keju), minuman yang berbahan dasar kedelai dan vegetarian lainnya.

• Asam Folat
Asam folat (folat) adalah bentuk vitamin B yang ditemukan dalam makanan. Tubuh membutuhkan asam folat untuk membuat dan memelihara sel-sel baru. Asam folat juga sangat penting bagi wanita hamil.

Asam folat ini membantu dalam mencegah terjadinya anemia dan meningkatkan pertumbuhan janin yang sehat pada ibu hamil.

Sumber yang baik dari asam folat seperti roti, bayam dan sayuran berdaun hijau gelap lainnya, kacang polong, hati sapi dan telur. Beberapa sumber asam folat lainnya banyak ditemukan pada buah-buahan seperti pisang, jeruk, jus jeruk, dan beberapa jus buah-buahan lainnya.

• Vitamin C

Vitamin C membantu tubuh menyerap zat besi. Sumber yang baik dari vitamin C adalah sayuran dan buah-buahan seperti buah jeruk, melon, sayur kubis, brokoli, tomat, kentang dan beberapa jenis sayuran berdaun hijau lainnya.

• Obat-obatan

Selain beberapa unsur diatas, untuk mengobati anemia, dokter juga mungkin menyarankan beberapa jenis obat lainnya seperti:

Antibiotik untuk mengobati infeksi.
Obat hormon untuk mengobati perdarahan menstruasi yang berat.
Obat-obatan untuk mencegah sistem kekebalan tubuh menghancurkan sel-sel darah merah sendiri.

• Prosedur medis

Jika anemia dalam kondisi parah, dokter anda dapat merekomendasikan prosedur medis. Prosedur termasuk transfusi darah dan transplantasi darah dan transplantasi sumsum sel induk.

Transfusi darah: Transfusi darah yang aman melalui intravena di salah satu pembuluh darah anda.
Transplantasi sel induk darah dan sumsum untuk menggantikan sel-sel induk yang rusak dengan yang sehat dari orang lain (donor). Sel induk yang dibuat di sumsum tulang ini akan berkembang menjadi sel darah merah, sel darah putih dan trombosit.

Jika anemia karena pendarahan serius serta bisa mengancam jiwa, dokter anda mungkin melakukan pembedahan. Sebagai contoh, anda mungkin memerlukan pembedahan untuk mengontrol perdarahan yang sedang berlangsung karena ulkus lambung atau terjadinya kanker usus besar.

Jika tubuh anda menghancurkan sel-sel darah merah pada tingkat tinggi, limpa anda mungkin harus memiliki limpa diangkat.

Limpa adalah organ yang menghilangkan sel-sel darah merah dari tubuh. Pembesaran limpa atau gangguan pada limpa dapat menghancurkan sel darah merah yang lebih dari biasanya yang pada akhirnya menyebabkan anemia.

 
 

TOPIK TERBARU:

manfaat telur ikan belanak, bawang putih obat ganglion, manfaat ranee whitening cream plus, arti kedutan langit-langit mulut, kelainan bentuk panggul wanita, kdutan paha kiri, Arti KEDUTAN pada testis, bokong berbintik, bekas cakaran di badan, Cara membesarkan wajah dan kepala, Bibir bawah terbelah, pegal pangkal paha, glukosin, apa bedanya jerawat dan bekukul, air infus untuk rambut rontok