Kemungkinan Penyebab Nyeri Payudara Sebelah Kiri


Loading...

Sakit Payudara SebelahRasa sakit pada payudara sebelah kiri mungkin karena infeksi yang parah atau karena faktor serangan jantung. Rasa sakit seperti berdenyut-denyut, sensasi nyeri dan seperti terbakar biasanya hanya berhubungan dengan siklus menstruasi.

Namun umumnya sakit payudara karena siklus haid akan menghilang dengan sendirinya dalam selang beberapa hari berikutnya. Untuk pengaruh hormonal, biasanya mempengaruhi kedua payudara dan tidak hanya terjadi dipayudara sebelah kiri anda.

Kemungkinan Penyebab Nyeri Payudara Sebelah Kiri

Payudara sangat sensitive dan terdiri dari kulit yang elastis untuk melindungi saraf, pembuluh darah dan jaringan ikat, serta saluran dan lobus untuk memproduksi ASI.

Jika payudara kita mengalami cedera besar kemungkinannya akan terlihat memar dan rasa sakit yang akan berhenti setelah jaringan dibawah payudara anda telah sembuh.

Beberapa kondisi jinak juga bisa terjadi di dalam sistem ASI kita. Rasa sakit pada payudara sebelah kiri juga bisa disebabkan oleh abses yang terjadi pada puting atau areola.

Selain itu, rasa sakit yang timbul juga dapat disebabkan oleh penyumbatan dan infeksi pada saluran susu sehingga menyebabkan mastitis atau ektasia duktal. Kista payudara dan fibroadenoma dapat tumbuh pada jaringan ikat sehingga menciptakan rasa sakit dan nyeri.

READ:  Minggu pertama kehamilan

Nyeri Payudara Kiri Bawah

Kadang-kadang ketika nyeri terjadi pada payudara kita, sangat sulit untuk mengetahui persis dimana letak rasa sakit itu.
Ketika rasa sakit di sisi kiri dada sementara memuncak , mungkin kita berpikir bahwa rasa sakit itu terjadi pada payudara sebelah kiri kita padahal rasa sakit yang sebenarnya terjadi di bawah payudara kiri.

Di bawah payudara kita terdapat otot dinding dada yang mungkin kejang selama masa kecemasan dan stres, menyebabkan rasa sakit yang mungkin berlangsung hanya beberapa detik atau beberapa hari.

Pengaruh Ketegangan Otot

Sakit karena ketegangan yang terjadi pada otot dinding dada dapat terjadi di sisi kiri saja atau di sebelah kanan. Demikian juga jika otot dada sebelah kiri tertarik atau cedera dapat pula menyebabkan rasa sakit dan nyeri.

Pengaruh Jantung Koroner

Rasa sakit dibawah payudara kiri bisa juga dipengaruhi oleh penyakit jantung koroner, sensasi tekanan, melilit atau mulas angina dapat menyebabkan nyeri.

Peradangan tulang

Jika rasa seperti nyeri payudara kiri sebenarnya disebabkan dalam tulang anda, maka costochondritis di tulang dada dapat pula menyebabkan rasa sakit di dada kanan atau ketika tulang rawan dan tulang mengalami peradangan.

READ:  Penyebab penyakit asma pada anak

Pengaruh Fibromyalgia

Fibromyalgia juga dapat menyebabkan rasa sakit di mana saja di tubuh anda. Fibromyalgia dapat mempengaruhi otot, sendi dan jaringan ikat dapat menciptakan rasa sakit.

Pengaruh hormon

Ketika terjadi perubahan kadar hormon selama siklus menstruasi atau karena penurunan selama menopause, perubahan jumlah estrogen, progesteron, dan tiroid dapat menyebabkan nyeri payudara.

Pengaruh obat-obatan

Obat yang digunakan untuk mengobati hipotiroidisme, kadang-kadang dapat menyebabkan nyeri dada selama beberapa minggu pertama penggunaan obat.

Beberapa kemungkinan sakit pada payudara sebelah kiri diatas sebenarnya dapat diatasi melalui pengobatan rumah ataupun dengan pengobatan medis. Beberapa obat yang sering digunakan terkait dengan nyeri payudara seperti acetaminophen, ibuprofen, aspirin, atau vitamin E.

Jika Anda sedang stres atau tegang, cobalah menghindari kafein dan garam sampai anda merasa lebih baik. Bila anda mencurigai adanya infeksi payudara atau peradangan, kunjungi dokter keluarga atau dokter kandungan anda . Anda mungkin harus minum antibiotik atau obat resep lain untuk mengatasi masalah.

Loading...