Manfaat Asam Folat pada Wanita Hamil


Loading...

Bahaya Kekurangan Asam FolatManfaat asam folat pada wanita hamil terutama pada janin yang dikandungnya. Folat atau yang biasa dikenal sebagai asam folat ini merupakan kelompok vitamin B yang penting untuk perkembangan dan kesehatan janin pada awal kehamilan, khususnya tabung saraf janin.

Cacat tabung saraf yang sering terjadi karena kekurangan asam folat biasanya berupa anencephaly atau tidak adanya tengkorak kepala pada janin, spina bifida (tulang belakang yang tidak tertutup sempurna), dan encephalocele atau adanya tonjolan di belakang kepala.

Asam folat ini untuk mencegah kelainan pada tabung saraf pada janin oleh karena itu, bagi wanita yang ingin merencanakan kehamilan ataupun yang sementara hamil di sarankan untuk banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung asam folat tinggi.

Dan untuk mengetahui tentang apa itu tabung saraf tersebut berikut ini penjelasannya:

Dalam perkembangan janin, tabung saraf ini nantinya akan menjadi otak bayi, sumsum tulang belakang dan tulang tengkorak penutup otak janin nantinya. Jika janin mengalami gangguan masalah ini, maka dalam dunia medis dikenal dengan istilah neural tube defect (NTD). NTD ini dapat menyebabkan berbagai cacat seperti kehilangan kontrol kandung kemih dan usus, kelumpuhan dll.

READ:  Manfaat latihan dalam kehamilan

Jadi untuk menghindari masalah cacat tabung saraf pada bayi maka ibu hamil direkomendasikan untuk mencukupi asupan asam folat minimal 400 mikrogram ( mcg )/hari.

Sebenarnya persyaratan asupan asam folat terus meningkat secara substansial pada kehamilan , sehingga perempuan harus mengkonsumsi setidaknya 600 mcg folat dari diet normal mereka sehari-hari.

Selain mengonsumsi makanan yang kaya folat, jika anda sedang merencanakan kehamilan atau sedang dalam tahap awal kehamilan (tiga bulan pertama atau trimester pertama) anda harus mengkonsumsi suplemen harian yang mengandung 0,5 mg asam folat .

Jika Anda sedang merencanakan kehamilan , dianjurkan bahwa Anda meningkatkan asupan harian Anda folat untuk setidaknya satu bulan sebelum kehamilan berlangsung.

Bahkan perempuan yang tidak berencana untuk memiliki bayi harus meningkatkan asupan folat mereka jika mereka aktif secara seksual , karena sekitar setengah dari seluruh kehamilan yang tidak direncanakan.

Beberapa makanan yang banyak mengandung asam folat seperti seperti asparagus, bayam, brokoli dari kelompok sayuran sementara dari buah-buahan, seperti jeruk, pisang dan stroberi. Dari kelompok kacang-kacangan seperti buncis , kacang kering dan lentil dan juga makanan dari sereal.

Jadi dengan melihat manfaat asam folat bagi ibu hamil dan apa dampaknya pada janin anda, mengapa tidak dari sekarang saja mengkonsumsi asam folat ini?

Loading...