5 Cara Alami Sembuhkan Kuku Berjamur

5 Cara Alami Sembuhkan Kuku BerjamurMengalami pembengkakan jari kaki yang disertai kumpulan nanah disisi pertumbuhan kuku merupakan infeksi jamur atau kuku berjamur,  dan dalam dunia medisnya dikenal dengan onikomikosis.

Dermatofit jamur ini biasanya menyebabkan kuku menjadi kering, menebal, berubah warna dan kuku mengalami kelainan bentuk.

Seperti infeksi jamur pada umumnya yang tidak mendapatkan perawatan yang tepat akan semakin memburuk yang menyebabkan pembengkakan disisi tempat tumbuhnya kuku yang menimbulkan rasa sakit dan bau yang tidak sedap pada kuku.

Loading...

Kurangnya kebersihan pribadi seperti mengenakan kaus kaki dan sepatu yang telah lama tidak dicuci ataupun sering bergantian alas kaki dengan orang terinfeksi serta pengaruh system iumn yang mengalami penurunan merupakan faktor penyebab terjadinya onikomikosis ini.

Kuku berjamur ini memang bukan penyakit yang sangat serius namun jika dibiarkan begitu saja akan menyebar ke bagian kuku yang sehat lainnya kemudian menimbulkan kerusakan pada kuku kaki anda.

Cara mengobati kuku berjamur sebenarnya sangat mudah, cukup dengan menggunakan ramuan alami dirumah, pertumbuhan jamur ini akan bisa diberantas secara tuntas.

READ:  Mengatasi Asam Lambung dengan Cara Herbal

Nah, jika anda ingin mencoba ramuan alami dalam mengatasi kuku berjamur anda, ikuti cara alami mengobati kuku berjamur seperti dibawah ini:

1 . Cuka Sari Apel
Cuka sari apel adalah salah satu yang terbaik di rumah obat untuk jamur kuku karena bersifat antimikroba yang dapat membunuh pertumbuhan jamur secara tuntas.

Campur cuka sari apel dengan dan air suam-suam kuku dengan komposisi yang sama lalu rendam kuku yang terinfeksi kedalam larutan ini selama setengah jam. Setelah itu, keringkan kuku anda. Lakukan cara ini sehari sekali selama beberapa minggu atau kuku anda benar-benar terbebas dari pertumbuhan jamur.

2 . Baking Soda
Sifat alkali dari baking soda menjadikan baking soda mampu mengatasi kuku berjamur dengan cara menghambat pertumbuhan dan penyebaran jamur sekaligus sebagai alkalizing tingkat ph kulit.

Campur baking soda dengan air hangat dengan perbandingan 2:1 lalu aduk hingga raa agar membentuk pasta.
Oleskan pasta pada kuku yang terinfeksi menggunakan bola kapas . Biarkan selama sekitar 20 menit dan kemudian bilas hingga bersih. Ulangi cara ini dua kali sehari selama sekitar satu bulan.

READ:  9 Manfaat Tomat Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Campurkan empat sendok makan baking soda , satu cangkir cuka putih serta tiga cangkir air hangat. Rendam kaki anda dalam larutan ini selama 15 menit kemudian keringkan kuku anda dengan handuk. Lakukan cara ini dua kali sehari selama satu bulan.

3. Minyak oreganol
Minyak Oregano memiliki sifat antiseptik serta antijamur yang membantu mengobati kuku yang berjamur.
Caranya cukup dengan mencampur minyak oregano dengan ekstrak minyak zaitun dalam jumlah yang sama. Cara pakainya yaitu gunakan bola kapas untuk menerapkannya pada kuku yang terinfeksi selama 10 menit.

4. Bawang putih
Bawang putih mengandung senyawa anti jamur yang dikenal dengan sebutan ajoene sehingga bawang putih mampu mengatasi kuku berjamur.

Cara membuatnya campurkan 2-3 siung bawang putih yang telah dihaluskan kemudian menambahkan memerapa tetes minyak zaitun.
Usapkan campuran tersebut pada daerah yang terkena dengan bola kapas lalu balut kuku yang terinfeksi dengan kain kasa.

5. Listerine
Listerine memiliki sifat antiseptik yang membantu melawan kuku berjamur kuku.Untuk hasil yang lebih maksimal, campur Listerine ini dengan cuka sari apel dangan komposisi yang sama.

READ:  Manfaat minyak atsiri dalam dunia kesehatan

Beberapa bahan alami yang dapat memberantas pertumbuhan kuku berjamur yaitu kunyit dan minyak kelapa. Cukup dengan mengoleskan secara lagsung kedua bahan tersebut pada bagian kuku yang terinfeksi maka hanya selang beberapa hari mungkin anda sudah melihat hasilnya.

Demikianlah 5 Cara Alami Sembuhkan Kuku Berjamur dan Bernanah diatas semoga bermanfaat dalam menyembuhkan kuku berjamur anda.

Loading...