Cara Alami untuk Mengobati Infeksi Telinga

 

Cara Alami untuk Mengobati Infeksi TelingaTelinga merupakan bagian dari panca indera yang fungsinya untuk mendengar sekaligus sebagai alat pembantu otak disaat berkomunikasi.

Begitu pentingnya fungsi telinga ini sehingga dibutuhkan keseriusan kita dalam menjaga fungsinya agar tetap terjaga.

Namun pada kondisi tertentu, telinga bisa mengalami peradangan dan infeksi, utamanya bagian tengah telinga. Infeksi telinga ini umumnya terjadi pada anak-anak dari pada orang dewasa yang disebabkan oleh bakteri atau virus.

Beberapa faktor penyebab infeksi telinga lainnya seperti adanya infeksi saluran pernapasan atas, alergi makanan, alergi lingkungan, kekurangan gizi dan adanya luka pada begian dalam telinga.

Gejala infeksi telinga ini seperti rasa nyeri dibagian dalam telinga, pendengaran kurang jelas, mendengung dan keluarnya cairan dalam telinga. Pada beberapa individu mengalami gejala seperti demam tinggi, sakit kepala bahkan muntah.

Jika anda atau anggota keluarga anda mengalami gejala infeksi diatas maka segeralah untuk konsultasikan kedokter keluarga anda atau ahli THT yang terdekat sebelum bertambah parah.

Pada infeksi telinga yang parah bisa menyebabkan komplikasi lainnya termasuk dalam hal ini pecahnya gendang telinga.

Infeksi telinga yang tidak diobati juga dapat menyebabkan kekambuhan kronis dan bahkan dapat menyebabkan penderitanya mengalami tuli secara permanent.

Selain dengan bantuan medis, anda juga mencoba pengobatan rumah yang bisa mengurangi rasa nyeri dan gejala infeksi telinga anda.

Dan berikut ini adalah cara alami untuk mengobati infeksi telinga yang bisa anda coba dirumah dan semoga bisa mempercepat kesembuhan dari infeksi telinga yang anda alami.

• Garam

Panaskan satu cangkir garam pada microwave atau panci sekitar tiga sampai lima menit lalu masukkan garam panas kedalam kain tebal. Letakkan kain pada telinga yang terkena dampak selama 5 sampai 10 menit.

Ulangi cara ini setiap hari sebanyak yang diperlukan. Panas yang dihasilkan dari ramuan tersebut akan membantu menarik keluar cairan dari telinga dan menghilangkan pembengkakan dan rasa nyeri yang terjadi.

• Bawang Putih
Bawang putih memiliki sifat antimikroba dan mampu menghilangkan rasa sakit yang timbul. Caranya adalah dengan memasak dua-tiga siung bawang putih dalam dua sendok makan minyak wijen atau minyak mustard sampai bawang putih tersebut berubah kehitaman lalu saring.

Demikianlah cara alami untuk mengobati infeksi telinga diatas semoga menjadi bahan masukan yang bermanfaat untuk anda.

 
 

TOPIK TERBARU:

menghilangkan garus hitam di sudut binir, urat nampak didahi, langit2 mulut kedutan, Cara ampuh meng hilangkn kutil pd wajah dan bintik hitam secara alami, cara mengecilkan lingkar kepala, Tulang pubis, bawang putih obat ganglion, Bibir bawah terbelah, cara membersihkan lubang hidung murai batu, mengatasi telinga kelinci turun sebelah, cara menumbuhkan gigi gingsul di usia remaja, cara mengobati ganglion dengan bawang merah, urat hitam di perut kenari, Cara menumbuhkan tahi lalat, cara menghilangkan bekas tahi lalat dengan tomat