Penyebab dan Cara Mengatasi Bibir yang Alergi


Loading...

Penyebab dan Cara Mengatasi Bibir yang AlergiAlergi adalah masalah iritasi kulit yang bisa terjadi dimanapun pada bagian kulit kita, termasuk pada bibir kita.

Dan gejala alergi pada bibir seperti bibir terlihat bengkak, terasa gatal, mengelupas ataupun sensasi terbakar, rasa sakit permanen pada bibir, bahkan perdarahan disudut bibir.

Alergi pada bibir dapat disebabkan oleh berbagai alasan, dan yang pastinya adalah alergen merupakan penyebab yang ditransimikan kekulit dari faktor eksternal.

Seperti halnya dengan beberapa bahan kimia yang dapat memicu alergi dan menyebabkan kulit teriritasi dan bereaksi dengan beberapa gejala yang disebutkan diatas.

Beberapa bahan kimia yang terdapat pada kosmetika penghilang bintik-bintik gelap kulit, penyamak kulit, atau pewarna bibir dapat menimbulkan alergi pada bibir.

Selain bahan kimia yang ada dalam kosmetika, alergen ini sebagian besar juga dapat ditemukan krim cukur, beberapa jenis makanan bahkan karena pengaruh gigitan serangga. Pada beberapa kasus, debu, bahan kimia, dan antibiotik menyebabkan kulit mengalami alergi.

Ketika bibir mengalami alergi, hal yang harus segera kita periksa adalah lipstik (lip balm, lipstik, bahan kimia pelembab bibir) lainnya. Kosmetika kulit dan pasta gigi serta makanan yang kita konsumsi juga perlu anda selidiki.

READ:  5 Obat Alami Ampuh Menghilangkan Bekas Jerawat

Jika hal diatas diyakini bukan penyebab alergi pada bibir, maka anda juga perlu memeriksakan kesehatan anda apalai jika anda mengalami demam, infeksi virus yang terkait dengan bibir dan tenggorokan karena hal ini bisa menyebabkan bibir bengkak dan menjadi merah.

Namun jika anda sering mengambil asupan obat antibiotik atau sedang mengkonsumsi obat-obatan kemungkinan besar mereka menjadi penyebab alergi pada bibir.

Nah, selain dengan mencari penyebab alergi, melakukan pengobatan alergi bibir adalah hal yang lebih penting.
Hindari penyebab alergi lalu kompres bibir anda dengan es kristal dan pijat bibir anda untuk mengurangi pembengkakan.

Cara lainnya adalah dengan menempatkan beberapa kantong teh dingin di bibir jika anda merasakan gatal atau bengkak pada bibir anda.

Gel lidah buaya juga cukup terpercaya dalam mengurangi pembengkakan bibir. Cukup dengan mengoleskan lendir aloe vera ini pada bibir yang bengkak maka volume bibir anda akan segera normal kembali.

Nah, demikianlah catatan singkat mengenai gejala, penyebab dan cara mengatasi bibir yang alergi diatas semoga bermanfaat bagi kita semua.

Loading...