Efek Negatif dari Cuka Sari Apel


Loading...

Efek Negatif dari Cuka Sari ApelSelain dari sekian banyak manfaat dari cuka sari apel, hasil fermentasi apel ini juga mungkin memiliki efek negatif pada ibu hamil. Jadi jika ingin menggunakan sari cuka apel ini, perlu berhati-hati juga karena belum ada studi yang cukup untuk memastikan bahaya pada ibu hamil ketika menggunakan zat ini.

Beberapa efek negatif lainnya mungkin bisa mempengaruhi kadar insulin pada penderita diabetes mengingat adanya zat kromium pada cuka sari apel.

Pada ibu menyusui juga harus berhati-hati saat mengkonsumsi cuka sari apel mungkin juga dapat mempengaruhi kondisi bayi yang didapatkan melalui ASI.

Dan untuk mengetahui efek negatif lainnya dari cuka sari apel ini, dapat anda lihat seperti dibawah ini:

1. Sakit Tenggorokan

Pada penderita iritasi tenggorokan perlu berhati-hati juga jika ingin mengkonsumsi cuka sari apel ini mengingat asam kuat dalam cuka sari apel dapat mengiritasi tenggorokan dan menyebabkan kondisi semakin parah terutama dalam kosentrasi cuka yang cukup tinggi.

2. Penurunan Kalium

Mengkonsumsi cuka sari apel juga dapat menurunkan kadar kalium alami tubuh. Oleh karena itu jika sedang mengkonsumsi obat penurun kadar kalium maka konsultasikan dengan dokter anda jika ingin mengkonsumsi cuka sari apel ini.

3. Efek samping pada enamel gigi

Tingkat asam tinggi dalam cuka sari apel dapat menyebabkan memperlunak enamel gigi. Oelh sebab itu setelah mengkonsumsi cuka sari apel ini sebaiknya memperbanyak berkumur untuk mencegah kerusakan enamel gigi anda.

4.Gangguan pada perut

Minum cuka sari apel bisa menyebabkan sakit perut untuk beberapa saat. Oleh karena itu, menambahkan sedikit baking soda untuk menyeimbangkan keasaman yang dapat membantu mencegah sakit perut yang mungkin terjadi setelah meminum cuka sari apel ini.

Dan jangan lupa untuk tidak mengkonsumsi cuka dari sari apel ini jika perut dalam keadaan kosong karena dapat mengiritasi lambung, apalagi jika anda sudah menderita penyakit maag.

5. Efek negatif pada penderita osteoporosis

Cuka sari apel bisa berefek negatif bagi mereka yang sedang menderita osteoporosis karena obat ini bisa mengurangi kepadatan tulang.

Orang-orang yang menggunakan cuka sari apel untuk jangka waktu yang panjang mungkin juga akan mengalami reaksi negatif dari asam yang terkandung dari sari apel, seperti penipisan pada kulit atau membran saluran pencernaan.

Terlepas dari efek negatif cuka sari apel diatas, kita juga bisa mendapatkan berbagai macam manfaat dari sari apel ini utamanya untuk mengatasi masalah kolesterol tinggi, mencegah keracunan makanan, meredakan alergi, sebagai agen antioksidan, memperkuat sistem kekebalan tubuh dan lain sebagainya.

Jadi karena cuka sari apel ini memiliki manfaat dan efek negatif pada kesehatan kita maka sebelum menggunakan cuka sari apel ini terlebih dahulu dikonsultasikan pada dokter anda.

Loading...