Perbedaan Tiap Tahapan Dari Kanker Paru-Paru


Loading...

Perbedaan Tiap Tahapan Dari Kanker Paru-ParuKanker paru-paru berkembang melalui empat tahapan (stadium) yang tentunya tiap stadium memiliki perbedaan masing-masing.

Dan pentingnya mengetahui stadium kankerparu-paru ini adalah untuk menentukan pengobatan yang tepat padanya. Seperti kita ketahui bersama bahwa pengobatan pada pasien kanker paru-paru ini tergantung pada stadium kanker yang didiagnosis.

Dalam dunia kedokteran, dikenal empat tahapan yang berbeda dari kanker paru-paru dengan merujuk pada penyebaran tumor di dalam tubuh.

Seperti dalam kasus setiap bentuk lain dari kanker, berbagai tes dan scan harus dilakukan untuk mendeteksi tahap penyakit. Hal ini tentunya sangat membantu dokter dalam memperkirakan dan menentukan metode pengobatan yang tepat.

Untuk menentukan secara akurat stadium kanker paru-paru pada pasien, dapat didiagnosis melalui alat seperti sinar-X, CT scan, tes laboratorium, Scan MRI, dan scan tulang yang dilakukan oleh dokter.

Tes laboratorium yang positif jika ada metastasis di tulang atau hati. Sementara dengan bantuan prosedur radiologi, ukuran kanker dan kemungkinan penyebaran ke organ lain dapat diketahui.

Dan untuk mengetahui lebih jelasnya perbedaan empat tahapan perkembangan kanker paru-paru ini, berikut penjelasannya.

Perbedaan tiap Tahapan Perkembangan Kanker Paru-paru

• Tahap I

Pada tahap pertama, perkembangan kanker masih terlokalisir dan tidak mempengaruhi kelenjar getah bening. Dan pada tahap awal ini biasanya pasien masih mudah disembuhkan dengan bantuan operasi.

Dan pada tahap awal ini pula kanker peru-paru ini masih diklasifikasikan lebih dahulu berdasarkan ukuran tumor dan faktor yang mendasarinya seperti dibawah ini:

READ:  Mengenali Penyebab dan Gejala Kista

– Tahap IA : Ukuran tumor terbilang masih kecil ( ukurannya < 3 cm ).
– Tahap IB :Tumor lebih besar bila dibandingkan dengan tahap IA dan kadang-kadang dapat menyebabkan runtuhnya sebagian dari paru-paru yang terkena.

• Tahap II

Pada stadium kedua, kanker telah menyebar ke kelenjar getah bening ban disekitarnya. Dalam beberapa kasus, pada stadium kedua ini kanker juga telah menyebar ke selaput paru-paru, diafragma, atau lapisan luar yang mengelilingi jantung.

Pada tahapan kedua dari kanker paru-paru dapat diklasifikan kedalam dua sub tahapan berdasarkan ukuran tumor dan penyebarannya seperti:

– Tahap IIA : Pada tahap IIA, ukuran kanker masih kecil namun telah menyebar ke kelenjar getah bening di dekat paru-paru yang terkena.
– Tahap IIB : Ukuran tumor lebih besar dan kanker mungkin atau tidak telah mencapai kelenjar getah bening. Jika kelenjar getah bening tidak terpengaruh, kanker tumbuh di dalam dinding dada, kerongkongan, atau lapisan luar jantung.

• Tahap III

Pada stadium ketiga kanker-paru-paru, sel kanker telah menyebar di kelenjar getah bening yang menutupi area dada antara jantung dan paru-paru, kadang-kadang juga telah mempengaruhi pembuluh darah.

Pada stadium ketiga kanker-paru-paru juga dapat dibagi menjadi dua sub tahapan, antara lain:
– Stadium III A : Kanker menyebar ke kelenjar getah bening pada sisi yang sama dari dada di mana pertumbuhan sel kanker pertama tumbuh. Hal ini juga mungkin telah menyebar ke dinding dada, pleura atau bagian tengah.

– Stadium III B : Pada Stadium III B, sel kanker telah menyebar ke sisi lain dari dada dan tumor juga bisa tumbuh di jantung, tenggorokan ataupun kerongkongan.

Tahap IV

READ:  Kenali penyebab dan gejala kista ovarium

Pada tahap IV perkembangan kanker paru-paru, sel kanker telah menyebar di bagian lain diluar paru-paru. Pilihan operasi mungkin tidak cocok lagi dalam kondisi ini. Dan pilihan pengobatan tersisa lainnya tinggal kemoterapi dan radiasi saja.

Sementara tingkat kesempatan hidup untuk pasien kanker paru-paru stadium IV ini kurang dari 10% dan waktu kelangsungan hidup rata-rata tersisa 8 bulan saja.

Gejala pada tahap IV perkembangan kanker paru-paru, selain dari gejala normal, kesulitan menelan, sakit kepala dan gangguan masalah pemglihatan adalah beberapa masalah lain yang dihadapi oleh pasien dalam tahap keempat.

Nah, demikianlah perbedaan dari masing-masing tahapan kanker paru-paru diatas semoga menjadi bahan informasi tambahan bagi anda yang ingin mengenal lebih mendalam tentang tahapan kanker paru-paru tersebut.

Loading...