Gejala Kanker Tulang Pada Kaki

 

Gejala Kanker Tulang Pada KakiGejala kanker tulang biasanya muncul ketika kanker sudah dalam tahapan lanjut. Dan parahnya lagi gejala kanker tulang yang bisa timbul umumnya seperti gejala penyakit ringan biasa.

Dan sebelum kita membahas mengenai gejala kanker tulang pada kaki ini, mungkin ada baiknya jika mengenal terlebih dahulu mengenai apa itu kanker dan bagaimana pula dengan kanker tulang.

Kanker merupakan istilah umum yang mencakup sekelompok penyakit di mana sel-sel abnormal membelah tanpa sebab dan tidak terkontrol yang dapat menyerang dan merugikan jaringan lain.

Ada berbagai jenis kanker yang dapat terjadi dan sebagian dari jenis kanker itu diberi nama sesuai dengan daerah yang mereka pengaruhi. Dan khusus untuk kanker tulang diistilahkan dengan sarkoma.

Kanker yang dimulai pada tulang dikenal sebagai kanker tulang primer sementara untuk kanker yang menyebar ke tulang, tapi berasal tempat lain distilahkan dengan kanker tulang sekunder.

Dalam dunia kedokterannya jenis kanker tulang yang sering menyerang tulang manusia adalah Osteosarcoma, Chondrosarcoma , Sarkoma Ewing.

Osteosarcoma mempengaruhi jaringan osteoid, bagian yang rumit dari tulang dan umumnya sering ditemukan pada tulang lengan atas dan lutut.

Chondrosarcoma adalah kanker yang dimulai dalam jaringan tulang rawan yang melapisi ujung tulang dan bantalan sendi. Chondrosarcoma ini paling sering terlihat mempengaruhi panggul, tungkai atas dan bahu.

Sarkoma Ewing yang umumnya mempengaruhi tulang tetapi juga dapat menginfeksi jaringan saraf di sekitarnya, biasanya di kaki, lengan atau panggul.

Dari ketiga jenis tersebut, Sarkoma Ewing dan Osteosarcoma paling sering terlihat antara usia 10 hingga 25 tahun, sementara Chondrosarcoma paling sering terlihat pada pasien yang lebih tua.

Gejala Kanker Tulang

Seperti yang disebutkan di atas bahwa sebagian besar gejala muncul ketika kanker sudah cukup maju.
Selain itu, gejala yang muncul juga terkadang tidak disadari bahwa hal itu adalah gejala kanker dan sering kita menduga bahwa itu hanya gejala ringan biasa.

Seperti halnya ketika nyeri sendi terjadi pada anak-anak yang sering kita mengaitkannya dengan gaya hidup aktif mereka. Dan dengan demikian terkadang kita tidak pernah curiga hal tersebut sebagai gejala kanker tulang.

Gejala kanker tulang ini dapat menimbulkan rasa sakit pada sendi yang mungkin terasa konsisten, sakit terus-menerus atau mungkin muncul sebagai intermiten, tajam dan nyeri menusuk.

Nyeri ini dapat meningkat terusseiring peningkatan kondisi kanker, tetapi pada saat yang sama, mungkin tidak muncul sama sekali selama beberapa minggu atau bulan bahkan ketika seseorang mengalami pertumbuhan yang ganas.

Gejala Kanker Tulang Pada KakiDalam kasus tertentu, jika tumor tumbuh dalam ukuran yang cukup besar mungkin ada benjolan seperti pertumbuhan di lokasi yang terkena dampak.

Kadang-kadang, tumor yang berada pada tulang dapat menyebabkan peningkatan kadar kalsium dalam darah sehingga menimbulkan rasa mual hingga diare.

Beberapa gejala yang juga bisa timbul sebagai gejala kanker tulang, termasuk:

• Pembengkakan persisten atau peradangan kaki
• Demam dan menggigil
• Keringat malam
• Penurunan berat badan dijelaskan dan tiba-tiba
• Patah tulang
• dll

Pengobatan untuk kondisi kanker ini diawali dengan diagnosa dokter seperti X-ray, CT Scan dan MRI, dll.
Jika tes ini ditemmukan tumor, langkah berikutnya adalah kemungkinan biopsi untuk mengetahui apakah tumor jinak atau ganas.

Pengobatan dapat ditemmpuh melalui dengan tiga pendekatan, diantaranya adalah bedah, kemoterapi dan radiasi.
Bedah berfokus untuk menghilangkan tumor. Setelah operasi, mungkin ada tes berkala untuk memastikan bahwa tidak ada sel kanker yang tertinggal.

Kemoterapi menggunakan obat-obatan untuk menangkap pertumbuhan atau membunuh sel-sel kanker.

Terapi radiasi menggunakan sinar-X energi tinggi diarahkan pada situs kanker untuk membunuh sel kanker. Sayangnya, masing-masing tiga metode ini mendatangkan efek samping.

Efek samping dari prosedur bedah mungkin tidak sepenuhnya menghilangkan tumor, kemoterapi menggunakan obat yang keras dan kuat yang dapat mempengaruhi proses tubuh yang normal, dan radiasi dapat menyebabkan kelelahan, kehilangan nafsu makan dan mempengaruhi jaringan di sekitarnya.

Meskipun gejala kanker tulang di kaki tidak selalu mudah untuk di identifikasi, penting untuk memperhatikan tanda-tanda peringatan.

 
 

TOPIK TERBARU:

obat pati roso salep, menghilangkan garus hitam di sudut binir, urat nampak didahi, langit2 mulut kedutan, Cara ampuh meng hilangkn kutil pd wajah dan bintik hitam secara alami, cara mengecilkan lingkar kepala, Tulang pubis, bawang putih obat ganglion, Bibir bawah terbelah, cara membersihkan lubang hidung murai batu, mengatasi telinga kelinci turun sebelah, cara menumbuhkan gigi gingsul di usia remaja, cara mengobati ganglion dengan bawang merah, urat hitam di perut kenari, Cara menumbuhkan tahi lalat