Infeksi Jamur Pada Paru-Paru


Loading...

Infeksi Jamur Pada Paru-ParuInfeksi jamur pada paru-paru adalah masalah kesehatan yang serius karena infeksi dapat menyebar ke berbagai bagian tubuh sehingga dapat menyebabkan komplikasi yang mengancam jiwa, seperti perdarahan internal dan kerusakan tulang jika tidak diobati sesegera mungkin.

Infeksi jamur pada paru-paru ini sering juga disebut dengan Pneumonia jamur merupakan suatu kondisi kesehatan yang disebabkan karena serangan beberapa jenis jamur pada paru-paru.

Sebetulnya infeksi jamur relatif kurang umum diderita orang jika dibandingkan dengan infeksi virus atau bakteri pada paru-paru.

Jenis jamur yang yang sering menyebabkan gangguan pada paru-paru manusia yaitu Aspergilli dan Cryptococcus. Dan untuk mengetahui lebih jelasnya mengennai paru-paru berjamur diatas, berikut adalah pembahasannya.

Spesies jamur yang dapat menyebabkan infeksi pada paru-paru pada dasarnya tidak dapat dihindari karena mereka hadir di mana-mana, bahkan dalam makanan kita. Namun biasanya jamur ini masuk ke paru-paru ketika kita menghirup spora-spora jamur tersebut tanpa kita sadari.

Terkadang pula infeksi yang terjadi pada paru-paru dapat terjadi karena penyebaran jamur dari bagian lain dari tubuh kita yang masuk ke paru-paru melalui aliran darah. Namun dalam kondisi normal, sistem kekebalan tubuh biasanya dapat mengatasi hal ini ketika jamur masuk ke dalam tubuh kita sebelum mereka menyebabkan kerusakan pada organ tubuh kita.

Gejala Infeksi Jamur Pada Paru-Paru

Untuk mengetahui gejala yang berhubungan dengan paru-paru berjamur ini sangat sulit dideteksi dengan melihat gejala fisik, apalagi jika sserangan jamur masih dalam kondisi ringan.

Dalam beberapa kasus, paru-paru berjamur ini hanya dapat diteksi melalui radiografi (X-ray). Tapi dalam infeksi yang sudah parah, gejala yang bisa muncul seperti batuk, nyeri dada, demam, kesulitan bernafas, dan lain-lain.

Pada infeksi yamg telah menyebar ke pembuluh darah, penderitanya dapat mengalami batuk yang parah bahkan bisa muntah darah. Dan jika pasien tidak segera diobati maka besar kemungkinannya juga menyebabkan gagal ginjal dan atau gagal hati yang mengarah pada kematian.

Untuk mendiagnosa secara pasti gejala tersebut karena infeksi jamur pada paru-paru atau karena kondisi medis lainnya, biasanya dokter merekomendasikan penggunaan X-ray atau CT scan paru-paru tapi hanya terbatas mendeteksi beberapa jenis pneumonia jamur (misalnya Aspergillus).

Pilihan Pengobatan Infeksi Jamur Pada Paru-Paru

Dalam sebagian besar kasus, penggunaan obat antijamur dapat mengobati infeksi jamur pada paru-paru sambil berupaya untuk meningkatkan sistem imun pasien.

Untuk obat tradisionalnya sendiri cobalah membuat ramuan herbal anti jamur, namun hal ini tentu saja harus dikonsultasikan dulu dengna dokter yang sedang menangani kondisi anda.

Dalam kasus perdarahan internal, obat antijamur tidak mampu lagi mengatasinya tetapi pasien mungkin harus menjalani embolisasi, untuk mencegah perdarahan atau operasi untuk mengangkat jamur tsb.

Loading...