Sisi Positif Minum Kopi Pada Kesehatan


Loading...

Sisi Positif Minum Kopi Pada KesehatanKebanyakan orang berpandangan yang salah bahwa kafein adalah zat yang sangat buruk bagi kesehatan. Meskipun tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi kafein ini secara berlebihan.

Minum kopi bagi sebagian orang akan memberikan sensasi kenikmatan tersendiri dan untuk sebagian orang lainnya akan menimbulkan ketidaknyamanan.

Dan jika kita melihat kopi atau kafein dari sisi positifnya maka berikut ini kita akan melihat apa saja sisi positif kafein bagi kesehatan.

1. Meningkatkan daya ingat

Para peneliti telah mempelajari efek dari kafein dan hasilnya menunjukkan bahwa mereka yang minum lebih banyak kafein memiliki daya ingat yang lebih jika dibandingkan dengan mereka yang tidak minum kopi sama sekali. Minum kafein yang menyehatkan dengan tidak lebih dari 200 mg per harinya.

Sebuah penelitian pada sekelompok relawan menerima dosis 100 miligram (mg) kafein, menemukan lonjakan aktivitas otak para relawan yang diukur dengan citra resonansi magnetik fungsional.

Kafein tampaknya mempengaruhi daerah-daerah tertentu dari otak yang bertanggung jawab untuk masalah memori dan konsentrasi, memberikan dorongan untuk memori jangka pendek, meskipun tidak jelas berapa lama efek kafein berlangsung.

2. Membantu dalam pembentukan otot

Manfaat kafein untuk kesehatan selanjutnya adalah ketika kafein ini dikombinasikan dengan karbohidrat maka turut membantu mereka yang ingin membangun otot-otot mereka.

Jika anda seorang pencinta olahraga, anda pasti telah mengetahui bahwa beberapa suplemen yang biasa anda konsumsi kebanyakan dari mereka mengandung kafein. Hal ini dikarenakan oleh kafein yang ketika dikombinasikan dengan karbohidrat akan meningkatkan stamina Anda bahkan setelah latihan.

3. Menciptakan rambut lebih bersinar

Dengan kafein membantu pria dan wanita meningkatkan pertumbuhan rambut mereka. Makanya bagi mereka yang sedang bermasalah dengan rambut rontok maka anda dapat mencoba minum segelas kopi setiap harinya.

4. Pria yang minum kopi memiliki sperma yang ekstra

Sebuah penelitian terbaru telah menunjukkan bahwa laki-laki yang selalu minum kopi memiliki lebih banyak sperma bila dibandingkan dengan mereka yang tidak minum kopi sama sekali.

Lalu bagaimana dampak konsumsi kopi bagi kesehatan jantung seperti tekanan darah, kolesterol, dan gula darah. Dan berikut ini pembahasannya:

• Tekanan darah

Minum kopi sebanyak enam cangkir sehari tidak akan meningkatkan kadar tekanan darah secara jangka panjang.

• Gula darah

Antioksidan dalam kopi turut , membantu dalam pengendalian gula darah, mengurangi risiko diabetes tipe 2. Bahkan minum sedikit kopi setiap hari dapat mengurangi risiko diabetes tipe 2 dan minum sebanyak enam cangkir atau lebih dalam seharinya lebih lanjut dapat mengurangi risiko terkena diabetes.

• Kolesterol

Kopi mengandung senyawa kolesterol penggalangan disebut diterpenes, tetapi konsentrasi senyawa ini tergantung pada bagaimana kopi dibuat. Kopi rebus memiliki konsentrasi yang lebih tinggi diterpenes yang dapat meningkatkan kadar kolesterol total dan kadar kolesterol buruk. Tapi untuk kopi yang disaring akan berpengaruh pada kadar kolesterol.

• Denyut jantung tidak teratur

Kekhawatiran awal dari kebanyakan orang bahwa kafein dapat meningkatkan risiko terjadinya denyut jantung yang tidak teratur (aritmia). Padahal minum kopi setiap hari dapat mengurangi risiko aritmia.

• Risiko kardiovaskular

Minum kopi secara teratur 1-2 gelas perharinya dapat menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke.

Demikianlah mengenai manfaat minum kopi bagi kesehatan kita asalkan kita mengkonsumsinya dalam kadar yang tak berlebihan.

Loading...