Penyebab Nyeri Pada Selangkangan Wanita


Loading...

Penyebab Nyeri Pada Selangkangan WanitaNyeri pangkal paha atau selangkangan pada wanita dapat disebabkan oleh beberapa faktor, baik karena pengaruh cedera, hernia, batu ginjal dan kondisi medis lainnya.

Untuk mengetahui lebih banyak mengenai apa penyebab nyeri pada pangkal paha perempuan tersebut, berikut pembahasannya.

Daerah selangkangan memang sangat rentan terhadap cedera baik karena pengaruh gerakan yang berlebihan, tertariknya otot atau bahkan kecelakaan. Selain ini, rasa sakit di daerah ini juga bisa disebabkan oleh berbagai faktor internal karena kondisi medis tertentu.

Umumnya cedera pangkal paha ringan cenderung dapat sembuh dengan sendirinya, tetapi pada kasus-kasus nyeri yang parah disaat berjalan, duduk ataupun saat berbaring, tentunya hal ini membutuhkan perhatian medis.

Pada wanita, nyeri pangkal paha dapat disebabkan oleh kondisi medis tertentu seperti hernia inguinal, batu ginjal, dan kista ovarium. Olahraga dan kecelakaan di jalan juga bisa menjadi faktor penyebab utama nyeri pada pangkal paha pada wanita.

Penyebab Nyeri Di Selangkangan Wanita

1. Nyeri selangkangan akibat infeksi

• Selulitis
Selulit adalah suatu peradangan pada jaringan tubuh dan biasanya terjadi di bawah kulit. Hal ini diikuti oleh pembengkakan, demam, dan nyeri.

• Infeksi Saluran Kemih (ISK)

Infeksi Saluran Kemih adalah penyakit yang sering menjadi faktor penyebab nyeri pada tulang selangkangan (pangkal paha) perempuan.

• Penyakit Menular Seksual (PMS)

Penyakit menular seksual herpes genital, gonore, klamidia merupakan hal yang memungkinkan peningkatan nyeri pada pangkal paha.

Infeksi di Selangkangan oleh infeksi bakteri tertentu dapat menyebabkan pembengkakan dan benjolan di daerah selangkangan ataupun pada pinggang yang juga dapat menyebabkan rasa sakit atau nyeri.

Selain itu, pembentukan abses di daerah selangkangan karena beberapa kondisi seperti infeksi pada kaki juga bisa menjadi alasan lain munculnya nyeri pada selangkangan tersebut.

2. Nyeri akibat jenis cedera

• Cedera pada selangkangan

Nyeri pada selangkangan bisa muncul ketika disekitar pangkal paha pernah mengalami benturan yang menimbulkan cedera.

Dalam kasus atlet, hiper ekstensi otot pangkal paha mungkin mengakibatkan keseleo di selangkangan yang juga bisa menyebabkan nyeri. Robek otot- otot di dekat sendi panggul juga dapat menyebabkan nyeri pada pangkal paha.

• Bursitis

Bursitis atau radang bursa kantung yang merupakan bantalan untuk sendi pinggul dapat pula menyebabkan rasa sakit yang kemungkinan rasa sakit tersebut juga menjalar ke pangkal paha.

• Arthritis

Arthritis adalah suatu kondisi di mana sendi dalam tubuh mengalami peradangan. Arthritis ini ditandai dengan pembengkakan, kekakuan, dan nyeri. Trauma, perubahan degeneratif, infeksi atau gangguan metabolik adalah beberapa penyebab yang mungkin menyebabkan radang sendi.

Osteitis pubis

Osteosclerosis dari tulang kemaluan, yaitu tulang rawan yang menghubungkan tulang depan panggul mengalami peradangan ataupun pecah.

3. Penyebab nyeri pada selangkangan lainnya

• Kehamilan

Selama kehamilan, perubahan hormonal tertentu dapat mempengaruhi sendi panggul. Oleh karena itu, perempuan lebih mungkin untuk mengembangkan nyeri pangkal paha selama kehamilan.

Nyeri pada pangkal paha diketahui pula sering terjadi dalam berbagai tahap kehamilan. Beberapa wanita mungkin juga mengalami sakit di punggung bawah, daerah kelamin, paha atas dan sendi pinggul.

• Batu Ginjal

Pada wanita yang menderita batu ginjal juga memungkinkan mengalami nyeri pada pangkal paha parah jika batu tersebut melewati ureter.

• Kista ovarium

Penyebab utama lainnya nyeri pada pangkal paha adalah karena adanya kista ovarium yang dalam beberapa kasus dapat menyebabkan nyeri pada pangkal paha dan beberapa gejala lainnya.

• Pembengkakan jaringan getah bening

Pembengkakan jaringan getah bening akibat infeksi di daerah selangkangan juga menyebabkan nyeri pada pangkal paha yang parah.

• Penyakit Hernia, iskemia, kejang, peradangan atau infeksi usus besar, masalah panggul tertentu seperti penyakit radang panggul dan kehamilan ektopik, nyeri tulang belakang dan cedera pada punggung dapat menyebabkan nyeri di daerah selangkangan wanita.

Nah demikinalah beberapa kemungkinan penyebab nyeri pada selangkangan wanita diatas, semoga bagi yang sedang mengalami gangguan tersebut bisa mendapatkan petunjuk penyebab nyeri yang menreka alami.

Loading...