Manfaat Sirsak untuk Pasien Kanker


Loading...

Manfaat Sirsak untuk Pasien KankerSirsak dengan nama ilmiahnya Annona muricata ini dianggap sebagai salah satu buah yang memiliki sifat anti kanker.

Rasa buah sirsak sendiri sedikit asam dan dilengkapi dengan rasa yang dapat digambarkan sebagai kombinasi dari rasa nanas dan stroberi.

Dibalik kulitnya yang berduri lembut dengan daging yang cukup lezat, buah sirsak ini memiliki segudang manfaat untuk kesehatan kita. Dan untuk mengetahui apa saja manfaat buah sirsak ini, berikut pembahasannya.

Serat dari daging buah sirsak sangat membantu dalam meningkatkan kesehatan pencernaan. Pada pasien kanker yang juga biasanya menderita beberapa masalah pada sistem pencernaan seperti sembelit, gangguan pencernaan biasanya dapat secara alami hilang dengan konsumsi buah-buahan berserat.

Para ahli kanker juga percaya bahwa mengkonsumsi buah sirsak secara rutin dapat menyembuhkan kanker stadium awal. Manfaat sirsak untuk kanker ini karena mampu membunuh sel kanker tanpa merusak sel-sel sehat.

Selain buahnya, daun, akar bahkan kulit kayu dari tumbuhan sirsak ini sudah sering digunakan sebagai bahan dalam berbagai obat-obatan herbal tradisional.

Manfaat kesehatan padan daun sirsak ini dapat digunakan sebagai obat penenang saraf. Daun sirsak yang diolah sebagai munuman teh bermanfaat sebagai pereda nyeri.

READ:  6 Penyebab Umum Kanker Hati Primer

Untuk getah dari daun sirsak ini dapat digunakan sebagai obat oles dalam menyembuhkan gangguan eksim, ruam kulit dan pembengkakan

Vitamin C yang ada pada buah sirsak sendiri bermanfaat dalam meningkatkan sistem imun tubuh sehingga sangat baik jika dikonsumsi oleh penderita kanker atau pasien yang sedang menjalani kemoterapi ataupun pasien yang sedang menderita infeksi saluran kemih, batuk dan flu.

Pada pasien kanker yang menjalani kemoterapi biasanya mengalami anemia, namun jika sering mengkonsumsi buah sirsak (mengandung zat besi) ini akan membantu dalam menormalkan jumlah sel darah merah.

Tidak hanya beberapa manfaat diatas, buah sirsak juga mengandung riboflavin yang membantu meredakan sakit kepala. Tiamin dari buah sirsak juga turut membantu meningkatkan tingkat energi, membantu menjaga kesehatan tulang dengan mempromosikan penyerapan kalsium dari pencernaan makanan.

Dalam bentuk jusnya, jus sirsak sangat bermanfaat untuk mengatasi masalah gangguan hati, mengurangi peradangan uretra sekaligus mengurangi rasa nyeri saat buang air kecil.

Dalam bentuk tehnya, teh sirsak digunakan untuk mengobati penyakit kandung empedu. Ekstrak yang diperoleh dari daun dan batang diyakini efektif dalam menghancurkan sel-sel kanker.

READ:  Perbedaan Tiap Tahapan Dari Kanker Paru-Paru

Beberapa laporan penelitian menunjukkan bahwa bahan kimia hadir dalam sirsak hampir 10000 kali lebih kuat daripada adriamycin, obat yang digunakan selama kemoterapi dan sehingga dapat bermanfaat jika digunakan untuk menghancurkan sel-sel kanker usus besar.

Studi menunjukkan bahwa buah sirsak juga bermanfaat dalam mengobati hampir dari semua jenis kanker, dan termasuk diantaranya adalah kanker usus besar, kanker payudara, kanker paru-paru, kanker pankreas dan kanker prostat.

Namun mengkonsumsi buah sirsak ini juga perlu dibatasi jumlahnya karena buah sirsak kaya akan gula.
Mengkonsumsi buah sirsak secara berlebihan dapat menyebabkan kerusakan saraf yang mengarah ke perkembangan penyakit Parkinson.

Loading...