9 Gejala Kanker Tulang yang Perlu Diketahui

 

9 Gejala Kanker Tulang yang Perlu DiketahuiKanker tulang memang tidak seheboh kanker payudara atau beberapa jenis kanker lainnya. Namun pasien kanker tulang ini juga tidak sedikit jumlahnya.

Dan lebih celakanya dari kanker tulang ini, gejalanya sering tidak diketahui atau tidak disadari hingga sering terlambat penanganannya.

Alasan kebanyakan pasien mengenai ketidak tahuan pasien kanker tulang ini umumnya karena minimnya pengetahuan mengenai apa saja gejala kanker tulang dan bagaimana untuk membedakan antara gejala kanker tulang dengan gejala medis lainnya.

Memang gejala kanker tulang umumnya sangat mirip dengan gejala penyakit biasa, khusunya rasa nyeri timbul dari gejala dini kanker tulang.

Oleh karena itu, disini kita bisa melihat bagaimana gejala dini kanker tulang ini seperti :

1. Nyeri pada tulang

Nyeri kronis merupakan gejala umum dari kanker tulang. Namun rasa nyeri yang muncul berlangsung terus menerus. Rasa nyeri ini sebagai akibat dari tumor yang menekan saraf atau organ disekitarnya.

2. Peradangan

Hasil Kanker tulang primer ketika tumor (jaringan abnormal) berakar di dalam tulang. Pertumbuhan tumor menyebabkan inflamasi yang menyebabkan pembengkakan dan nyeri di dan dekat daerah yang terkena di mana kanker hadir.

3. Patah Tulang

Kerusakan tulang akibat pertumbuhan kanker dapat menyebabkan patah tulang hanya dengan alasan trauma kecil atau mendapat tekanan kecil saja. Misalnya, pasien dapat mengalami patah tulang hanya dalam kondisi berdiri atau menempatkan tekanan pada tulang yang terkena.

4. Penurunan Berat Badan

Penurunan berat badan yang tidak diinginkan dan tidak diketahui apa penyebabnya yang bukan hasil dari stres, diet atau olahraga dapat menjadi tanda awal kanker.Terkadang juga penurunan berat badan disertai dengan berkurangnya nafsu makan dan sembelit.

5. Kelelahan

Kelelahan fisik, mental dan emosional tanpa alasan dapat menjadi indikasi bahwa kemungkinan hal ini karena adanya pertumbuhan sel kanker.

Jadi, bagi mereka yang mengalami masalah kelelahan yang terjadi secara terus-menerus tanpa alasan apapun, maka saatnya untuk konsultasikan dengan dokter anda.

6. Anemia

Anemia sering kali menjadi sinyal dari kondisi kesehatan yang mendasarinya, termasuk karena pengaruh kanker tulang. Hal ini dapat terjadi ketika tubuh kelebihan menghasilkan sel darah putih untuk melawan penyakit (yaitu, kanker), sehingga mengurangi produksi sel darah merah yang sehat.

7. Kehilangan nafsu makan

Ketika kanker tumbuh dan menyebar, tubuh akan menjadi lelah yang mengakibatkan penurunan energi, aktivitas dan juga nafsu makan.

Pada umumnya pasien kanker kehilangan nafsi makan karena makanan tidak lagi memiliki bau atau rasa yang menggugah selera makan mereka. Hal ini terjadi karena sel-sel kanker dalam tubuh menyerap nutrisi dari makanan dan hanya menyisakan sedikit nutrisi untuk memberi energi sel-sel sehat.

8. Kesulitan Tidur

Gejala yang umum dari kanker tulang adalah nyeri tulang sehingga dapat pula mempengaruhi tidur pasien dimana mereka kesulitan untuk tidur. Hal terjadi karena rasa nyeri semakin bertambah parah ketika pasien sedang berbaring dimana massa kanker atau pembengkakan akan menekan sendi dan organ sekitarnya.

9. Sering mengalami infeksi

Pertumbuhan kanker akan memicu tubuh untuk meningkatkan produksi sel darah putih untuk melawan sel kanker kanker. Dengan demikian, tubuh akan rentan terhadap demam, otot kaku dan flu dan penyakit yang berkaitan dengan penurunan sistem imun tubuh.

Jadi dengan melihat beberapa gejala kanker diatas sangat sulit dibedakan antara gejala kanker tulang ataukah karena gejala medis biasa. Tapi yang harus menjadi perhatian serius kita jika gejala-gejala diatas sering kita alami, apalagi jika semakin hari semakin memburuk.

 
 

TOPIK TERBARU:

Kedutan di kandung kemih, cara menghilangkan ganglion dengan bawang merah, cara mengecilkan tulang alis menonjol, cara menghilangkan bekukul di wajah dengan lemon, obat pati roso salep, menghilangkan garus hitam di sudut binir, urat nampak didahi, langit2 mulut kedutan, Cara ampuh meng hilangkn kutil pd wajah dan bintik hitam secara alami, cara mengecilkan lingkar kepala, Tulang pubis, bawang putih obat ganglion, Bibir bawah terbelah, cara membersihkan lubang hidung murai batu, mengatasi telinga kelinci turun sebelah