Beberapa pengobatan terbaik untuk kanker prostat


Loading...

Beberapa pengobatan terbaik untuk kanker prostat. Kadang-kadang dokter mungkin merekomendasikan pengobatan karena apa yang diketahui tentang kanker dan faktor risikonya. Lain kali, dokter akan berbicara kepada Anda mengenai dua atau lebih pengobatan yang mungkin cocok untuk kanker Anda.
Pada pasien usia lanjut, pemantauan sederhana kanker prostat spesifik dengan tes antigen ( PSA ) dan biopsi dapat menjadi pilihan. Kanker prostat yang telah menyebar dapat diobati dengan obat-obatan untuk mengurangi kadar testosteron, pembedahan untuk mengangkat testis, atau kemoterapi.

Operasi, radioterapi dan terapi hormon dapat mengganggu libido atau kemampuan seksual. Masalah dengan kontrol kemih yang umum setelah operasi dan radioterapi. Masalah-masalah ini dapat memperbaiki atau memperburuk dari waktu ke waktu, tergantung pada pengobatan. Beritahu dokter Anda keprihatinan Anda.

Bedah:
Pembedahan biasanya hanya disarankan setelah evaluasi menyeluruh dan diskusi tentang manfaat dan risiko dari prosedur.

* Pembedahan untuk mengangkat kelenjar prostat dan beberapa jaringan di sekitarnya merupakan pilihan jika kanker belum menyebar ke luar kelenjar prostat. Operasi ini disebut prostatektomi radikal dan dapat dilakukan dengan operasi robot.
* Kemungkinan masalah setelah operasi termasuk usus kesulitan mengendalikan dan masalah ereksi.

Terapi radiasi menggunakan energi tinggi sinar-x atau biji radioaktif untuk membunuh sel kanker.

Terapi radiasi bekerja terbaik untuk mengobati kanker prostat belum menyebar ke luar prostat. Bisa juga digunakan setelah operasi jika ada resiko yang masih dapat hadir dalam sel-sel kanker prostat. Radiasi kadang-kadang digunakan untuk menghilangkan rasa sakit ketika kanker telah menyebar ke tulang.

Terapi sinar radiasi eksternal menggunakan energi tinggi sinar-x diarahkan pada kelenjar prostat.

READ:  Perbedaan Antara Leukemia Dengan Limfoma

* Ini terjadi di sebuah pusat onkologi radiasi biasanya terhubung ke rumah sakit. Anda akan pergi ke pusat dari rumah lima hari seminggu untuk perawatan. Terapi berlangsung 6 sampai 8 minggu.
* Sebelum perawatan, terapis akan menandai bagian tubuh yang sedang dirawat dengan pena khusus.
* Radiasi dikirim ke kelenjar prostat menggunakan perangkat yang menyerupai mesin x-ray normal. Pengobatan itu sendiri biasanya tidak sakit.
* Efek samping bisa termasuk impotensi, inkontinensia, kehilangan nafsu makan, kelelahan, reaksi kulit seperti kemerahan dan iritasi, cedera atau terbakar di, diare urgensi rektum, urin dan darah dalam urin.

Prostat brachytherapy melibatkan menempatkan benih radioaktif di dalam prostat.

* Seorang ahli bedah menyisipkan jarum kecil melalui kulit di belakang skrotum untuk menyuntikkan benih, yang terlalu kecil untuk merasa. Mereka dapat sementara atau permanen.
* Brachytherapy adalah sering digunakan untuk pria dengan kanker prostat terdeteksi lebih kecil awal dan lambat tumbuh.
* Anda juga dapat mengelola terapi sinar radiasi eksternal untuk beberapa pasien dengan kanker yang lebih maju.
* Efek samping mungkin termasuk rasa sakit, bengkak atau memar pada penis atau skrotum, urin atau air mani dari merah -coklat, impotensi, inkontinensia dan diare.

Terapi Proton adalah jenis lain dari radiasi yang digunakan untuk mengobati kanker prostat. Dokter bertujuan sinar proton ke tumor, sehingga ada sedikit kerusakan jaringan di sekitarnya.

Terapi Hormon
Testosteron adalah hormon pria utama dalam tubuh. Tumor prostat memerlukan testosteron untuk tumbuh. Terapi hormon adalah setiap pengobatan yang mengurangi efek testosteron pada kanker prostat. Perawatan ini dapat mencegah pertumbuhan lebih lanjut dan penyebaran kanker.

READ:  Gejala Kanker Getah Bening Pada Leher

Terapi hormon ini digunakan terutama pada pria yang kanker telah menyebar untuk membantu meringankan gejala. Ada dua jenis obat yang digunakan untuk terapi hormon.

Jenis utama adalah dikenal agonis dari luteinizing hormon releasing hormone ( LH – RH ):

* Obat golongan ini menghambat produksi testosteron oleh tubuh dan harus diterapkan melalui suntikan, biasanya setiap 3 sampai 6 bulan.
* Mereka termasuk leuprolid, goserelin, nafarelin, triptorelin, histrelin, buserelin dan degarelix.
* Kemungkinan efek samping termasuk mual dan muntah, hot flashes, anemia, lesu, osteoporosis, penurunan gairah seksual, penurunan massa otot, berat badan dan impotensi.

Obat lain yang digunakan adalah disebut androgen -blocking obat.

* Hal ini sering diberikan dengan obat-obatan di atas.
* Mereka termasuk flutamide, bicalutamide dan nilutamide
* Kemungkinan efek samping termasuk disfungsi ereksi, hilangnya gairah seksual, masalah hati, diare dan payudara membesar.

Sebagian besar testosteron tubuh diproduksi oleh testis. Akibatnya, penghapusan ini ( disebut orchiectomy ) juga dapat digunakan sebagai pengobatan hormon, tetapi operasi ini tidak dilakukan dengan sangat sering.

Kemoterapi dan imunoterapi digunakan untuk mengobati kanker prostat yang tidak lagi merespon terhadap pengobatan hormonal. Seorang spesialis onkologi biasanya akan merekomendasikan obat tunggal atau kombinasi daripadanya.

PEMANTAUAN
Setelah pengobatan untuk kanker prostat, Anda akan dipantau secara ketat untuk memastikan kanker tidak menyebar. Ini melibatkan pemeriksaan rutin oleh, tes darah dokter termasuk PSA seri ( biasanya setiap tiga bulan sampai satu tahun ).

Loading...