Mengenal Jenis-Jenis Tumor Otak


Loading...

Mengenal Jenis-Jenis Tumor OtakAda banyak jenis tumor otak mulai dari tumor jinak hingga tumor ganas, baik tumor primer ataupun tumor sekunder. Namun glioma merupakan jenis yang paling umum dari tumor primer yang dimulai dalam sel-sel glia di otak kita seperti glioma batang otak dan astrocytoma.

Jenis lain dari tumor otak yang tidak berasal dari sel-sel glial adalah meningioma, medulloblastoma, schwannoma dan sel tumor germinal. Dan istilah dari kanker otak sendiri biasanya mengacu pada glioma.

Jenis-Jenis Glioma

• Glioma batang otak
• Astrocytoma
• Oligodendroglioma
• Ependymoma
• Glioma campuran

Glioma batang otak

Jenis tumor otak yang terjadi pada batang otak atau bagian terendah dari otak. Dan umumnya mempengaruhi orang setengah baya dan anak-anak.

Astrocytoma

Astrocytoma adalah jenis tumor yang timbul dari astrosit yang merupakan sel glial yang berbentuk bintang. Biasanya, astrocytomas mempengaruhi otak pada orang dewasa dan terkadang juga dapat ditemukan pada otak anak-anak.

Oligodendroglioma

Oligodendroglioma adalah jenis tumor otak yang muncul dari sel-sel yang membentuk jaringan lemak yang menutupi saraf untuk melindungi mereka. Tumor ini tumbuh lambat dan umumnya tidak menyebar ke jaringan sekitarnya. Orang setengah baya biasanya mengembangkan tumor ini.

Ependymoma

Tumor otak ependymoma umumnya dimulai pada sel-sel yang melapisi rongga dalam otak dan juga yang terjadi di sekitar sumsum tulang belakang dimana rongga tersebut berisi cairan serebrospinal (cairan yang melindungi otak dan sumsum tulang belakang).

Biasanya tumor otak ependymoma ditemukan pada orang dewasa muda dan anak-anak.

Glioma campuran

Tumor otak ini memiliki lebih dari satu jenis sel. Prognosis tergantung pada jenis sel bersama dengan nilai tertinggi yang hadir dalam tumor.

Selain beberapa jenis tumor otak diatas , beberapa jenis lain dari tumor otak yang tidak berasal dari sel-sel glial, seperti:

• Meningioma
• Medulloblastoma
• Craniopharyngioma
• Schwannoma
• Tumor Sel Germinal
• Pineal Region Tumor

Meningioma

Tumor ini terjadi pada meninges, yaitu membran yang menutupi otak dan terletak tepat di bawah tengkorak. Tumor ini umumnya jinak, dengan pertumbuhan yang lambat, dan biasanya mempengaruhi wanita dalam rentang usia 30-50 tahun.

Medulloblastoma

Medulloblastoma juga dikenal sebagai tumor neuroectodermal primitif, ini biasanya berkembang di otak kecil dan terbentuk dari sel-sel abnormal yang terjadi sangat awal kehidupan.

Medulloblastoma ini adalah jenis yang paling umum dari tumor otak yang mempengaruhi anak-anak. Selain itu dapat menyebar ke tulang belakang melalui cairan cerebrospinal.

Craniopharyngioma

Jenis tumor otak tumbuh di dekat kelenjar pituitari, yang terletak di dasar otak. Meskipun tumor ini tidak menyebar, pertumbuhan bisa menghambat bagian-bagian penting dari otak, menyebabkan masalah serius. Kondisi ini lebih sering terjadi pada anak-anak.

Schwannoma

Schwannomas berkembang dari sel-sel Schwann, yang garis saraf yang terletak di telinga bagian dalam, yang bertanggung jawab untuk mengendalikan pendengaran dan keseimbangan. Juga dikenal sebagai neuroma akustik, tumor ini biasanya mempengaruhi orang dewasa.

Tumor Sel Germinal

Tumor ini berkembang dari sel germinal, yaitu sel-sel reproduksi yang terjadi pada telur dari indung telur atau sperma di testis. Sel-sel ini dapat menyebar ke bagian lain dari tubuh, membentuk tumor.

Germinoma adalah tumor sel germinal yang paling sering terjadi di otak, biasanya berkembang di dekat kelenjar pineal, terletak di pusat otak. Tumor sel germinal dapat menyebar ke bagian lain dari otak dan sumsum tulang belakang, dan anak-anak biasanya terpengaruh olehnya.

Pineal Region Tumor

Tumor ini baik mengembangkan di dalam atau di dekat kelenjar pineal, yang merupakan organ kecil yang terletak di antara otak dan otak kecil.

Demikianlah sekilas mengenai jenis-jenis tumor otak diatas semoga dapat menjadi bahan yang bernilai disisi ilmu pengetahuan kita semua.

Loading...