Cara Menginduksi Persalinan Secara Alami

 

Cara Menginduksi Persalinan Secara AlamiPersalinan memang sangat menyakitkan namun karena kecintaan dan kerinduan akan momongan membuat seorang ibu hamil berusaha sekuat tenaga untuk melewatinya.

Ketika rasa sakit yang tidak tertahankan dan seorang ibu ingin lebih cepat bersalin ketika telah memasuki jatuh tempo persalinan, maka cara induksi adalah jalan untuk mewujudkan hal itu.

Induksi merupakan metode merangsang kontraksi rahim dan membantu dalam memulai persalinan. Dan untuk mengetahui bagaimana cara menginduksi persalinan secara alami, berikut pembahasannya.

Cara Menginduksi Persalinan Secara Alami

Sebelum anda mencoba cara untuk menginduksi persalinan sendiri, penting untuk diingat bahwa metode ini tidak akan bekerja kecuali jika leher rahim seseorang sudah matang.

Selain itu, metode ini memiliki dasar ilmiah yang sangat sedikit untuk efektivitas dan keselamatan mereka namun, beberapa telah terbukti mampu membantu menginduksi persalinan sampai batas tertentu.

Berhubungan badan

Salah satu cara klasik untuk menginduksi persalinan di rumah adalah dengan berhubungan badan dengan pasangan kita. Semen mengandung prostaglandins yang menyebabkan leher rahim melunak dan membuka.

Namun, hal ini juga diperdebatkan mengenai jumlah prostaglandin dalam air mani tidak cukup untuk menginduksi persalinan. Hal ini juga dikatakan bahwa orgasme bisa merangsang produksi oxytocin yang meningkatkan kontraksi.

Jika anda khawatir tentang keselamatan bayi dan keselamatan anda, berhubungan badan sangat aman. Namun sekali lagi tidak ada bukti ilmiah yanga mendukung bahwa berhubungan badan bisa mempercepat persalinan.

Akupresur

Akupresur adalah salah satu cara menginduksi persalinan yang aman bagi ibu dan anak menurut oerganisasi kesehatan dunia (WHO).

Akupresur memerlukan penekanan pada titik-titik tertentu untuk menginduksi persalinan. Dengan menekan titik-titik ini seseorang dapat merangsang kontraksi dan menambah pelebaran leher rahim.

Namun, kelemahan dari teknik ini adalah bahwa pasangan anda harus mengetahui teknik-teknik akupresur.

Stimulasi puting

Dengan teknik stimulasi puting dapat menyebabkan pelepasan hormon oksitosin,yang pada gilirannya membantu merangsang kontraksi rahim.

Cara stimulasi puting ini dengan memuntir-muntir puting diantara ibu jari dan jari telunjuk selama 2 menit. Kemudian setelah istirahat dari 3 menit, prosedur yang sama harus dilakukan lagi.

Melakukan teknik stimulasi puting ini selama 20 menit. Dan teknik induksi stimulasi puting sebaiknya ditangani dengan hati-hati dan di bawah pengawasan dokter karena dapat meningkatkan kontraksi yang lebih menyakitkan lagi. Selain itu, teknik ini hanya bisa bekerja jika leher rahim sudah mulai melunak dan membesar.

Stripping Membran

Ketika tidak ada tanda-tanda menekati persalinan, seseorang dapat mencoba stripping atau mengupas membran untuk menginduksi persalinan. Pastikan teknik ini dilakukan dengan dokter kandungan atau bidan anda.

Dalam teknik ini, dokter atau bidan memasukkan tangan bersarung ke dalam vagina seseorang dan mencoba untuk memisahkan membran amnion dari bagian bawah rahim dengan bantuan gerakan kuat dengan telunjuk dan jari tengah.

Selain beberapa metode induksi diatas, mengkonsumsi makanan pedas, nanas, berjalan-jalan ringan, berenang, pijat merupakan beberapa metode induksi persalinan alami lainnya.

 
 

TOPIK TERBARU:

arti kedutan langit-langit mulut, kelainan bentuk panggul wanita, kdutan paha kiri, Arti KEDUTAN pada testis, bokong berbintik, bekas cakaran di badan, Cara membesarkan wajah dan kepala, Bibir bawah terbelah, pegal pangkal paha, glukosin, apa bedanya jerawat dan bekukul, air infus untuk rambut rontok, cara menghilangkan flek hitam dengan vaseline, Glucostamin, khasiat telur ikan sembilang