Apa Itu Gangguan Bipolar

 

Gangguan BipolarGangguan bipolar merupakan gangguan mental yang ditandai dengan perubahan suasana hati yang dari perasaan sangat senang (mania) ke perasaan yang sangat sedih (depresi ) secara bergantian dan berlangsung sangat singkat ataupun lama.

Periode mania dan depresif bisa berlangsung singkat dalam waktu hanya beberapa jam sampai beberapa hari saja ataupun dapat berlangsung lama sampai beberapa minggu atau bahkan bulan.

Ketika seseorang sedanga menjalani episode mania ini, individu tersebut akan mengalami perubahan tingkah laku seperti hiperaktif, perasaan gembira yang berlebihan, kurang tidur dan selalu berfikir berat. Berbeda halnya ketika individu tersebut mengalami episode depresi dimana mereka mengalami perasan sedih yang luar biasa ekstrim, kurangan semangat dan selalu putus asa.

Gangguan bipolar dapat berulang yang berarti bahwa dari individu yang memiliki episode mania tunggal akan terus mengalami episode masa yang akan datang. Dan hal ini dialami sekitar 90% penderita bipolar, sementara hanya sekitar 70% dari episode mania dalam gangguan bipolar terjadi segera sebelum atau setelah episode depresi.

Hidup dengan gangguan bipolar dapat menantang dalam mempertahankan gaya hidup yang teratur.
Episode mania dapat menimbulkan konflik keluarga atau masalah keuangan, terutama ketika orang dengan gangguan bipolar tampaknya bekerja tidak konsisten dan tidak bertanggung jawab tanpa alasan.

Selama fase mania, orang sering menjadi impulsif dan bertindak agresif sehingga hal ini dapat mengakibatkan perilaku yang berisiko tinggi, seperti intoksikasi berulang, hidup boros dan beresiko pada perilaku seksual.

Selama episode mania atau depresi yang parah, beberapa orang dengan gangguan bipolar mungkin memiliki gejala yang membanjiri kemampuan mereka untuk menghadapi kehidupan sehari-hari, dan bahkan realitas.

Ketidakmampuan untuk membedakan kenyataan dari hasil ketidaknyataan gejala psikotik seperti mendengar suara-suara, paranoia, halusinasi visual dan sebagainya.

Mereka mungkin mengalami periode menyedihkan dan optimisme euforia secara bergantian. Perubahan suasana hati akan mengganggu alasan, logika dan persepsi hingga tingkat terendah.

Nah, jika gangguan biolar ini tidak segera diobati maka dapat mempengaruhi hampir setiap aspek kehidupan seseorang.

Mengidentifikasi episode pertama dari mania atau depresi dan menerima pengobatan dini sangat penting untuk mengelola gangguan bipolar.

Dalam kebanyakan kasus, episode depresi terjadi sebelum episode mania dan banyak pasien diperlakukan awalnya seolah-olah mereka memiliki depresi berat. Biasanya, episode pertama diakui gangguan bipolar adalah episode mania.

 
 

TOPIK TERBARU:

manfaat telur ikan belanak, bawang putih obat ganglion, manfaat ranee whitening cream plus, arti kedutan langit-langit mulut, kelainan bentuk panggul wanita, kdutan paha kiri, Arti KEDUTAN pada testis, bokong berbintik, bekas cakaran di badan, Cara membesarkan wajah dan kepala, Bibir bawah terbelah, pegal pangkal paha, glukosin, apa bedanya jerawat dan bekukul, air infus untuk rambut rontok