Manfaat Glucosamine pada Penderita Arthritis


Loading...

Gejala ArthritisGejala arthritis pada individu umumnya terasa pada saat usia diatas 50an tahun. Osteoarthritis adalah penyakit sendi yang paling umum yang menyebabkan kerusakan lapisan tulang rawan sendi utama sebagai akibat dari keuasan tulang secara normal karena faktor usia.

Akibat menipisnya tulang rawan individu mengalami rasa sakit dan kekakuan pada sendi. Glukosamin adalah komponen yang terjadi secara alamiah tulang rawan dan cairan sinovial.

Ketika Glucosamine dikonsumsi sebagai diet suplemen dapat memberikan beberapa manfaat untuk mengobati gejala. Namun sebelum memanfaatkan Glucosamine ini, sebaiknya konsultasikan dulu pada dokter anda.

Manfaat Glucosamine Sulfat
Glukosamin terjadi secara alami dalam tubuh dalam matriks tulang rawan dan cairan sinovial sebagai sulfat glukosamin.

Diperkirakan bahwa glukosamin sulfat memainkan peran penting dalam sintesis glukosaminoglikan dan penguatan tulang rawan yang mengelilingi sendi.

Glucosamine ada dalam beberapa bentuk, termasuk glukosamin hidroklorida, N-asetil-glukosamin dan glukosamin sulfat. Namun suplemen hanya mengandung glukosamin sulfat cenderung bermanfaat dalam pengobatan osteoarthritis.

Manfaat Glucosamine dan Chondroitin
Glukosamin sulfat ditemukan dalam banyak suplemen dalam kombinasi dengan kondroitin sulfat, glikosaminoglikan yang juga terjadi secara alami dalam tubuh.

Chondroitin bertanggung jawab untuk menjaga tulang rawan sendi dilumasi dengan menyerap air dan menyediakan bagian rangka untuk tulang rawan baru yang akan dihasilkan. Dalam bentuk suplemen bersama dengan glukosamin sulfat, kondroitin muncul membantu meringankan gejala osteoarthritis.

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal medis “Obat dan Penuaan, para peneliti menemukan bahwa suplemen glucosamine-chondrotin sulfat lebih efektif untuk menghilangkan rasa sakit dan dapat mencegah osteoarthritis pada lutut.

Manfaat Glucosamine Methylsulfonylmethane
Glukosamin sulfat dengan Methylsulfonylmethane atau MSM, adalah jenis lain dari suplemen glukosamin makanan yang tersedia untuk pengobatan osteoarthritis.

Methylsulfonylmethane adalah senyawa yang terjadi secara alamiah belerang biasanya banyak ditemukan pada buah biji-bijian dan sayuran. Hal ini diperlukan oleh tubuh untuk sintesis tulang rawan dan jaringan ikat lainnya.

Jurnal farmakologi “Investigasi Obat Clinical” sebuah study menemukan MSM, ketika digunakan bersama dengan glukosamin sangat efektif untuk mengurangi peradangan dan rasa sakit yang terkait dengan osteoarthritis lutut.
Manfaat lain dari glucosamine

Glucosamine dapat memberikan beberapa manfaat lain selain meringankan beberapa gejala osteoarthritis. Suplemen oral dan enema mengandung N-asetil glukosamin mungkin efektif untuk menghilangkan gejala-gejala dan frekuensi diare berdarah yang berhubungan dengan penyakit radang usus ulseratif kolitis penyakit Crohn.

Glukosamin juga sedang dipelajari tentang kemungkinan manfaat lainnya pada diabetes, insufisiensi vena kronis, nyeri sendi temporomandibular, rheumatoid arthritis, dan sakit kaki akibat degenerasi diskus tulang belakang lumbar. Hal ini juga mungkin memiliki manfaat untuk mencegah cedera lutut.

Loading...