Solusi Alami Atasi Penyakit Asam Urat


Loading...

Solusi Alami Atasi Penyakit Asam UratPenyakit asam urat memang sangat menyakitkan, entah itu asam urat akut (hanya pada satu sendi) ataupun yang kronis (beberapa sendi) sehingga perlu mencari pengobatan untuk penyakit asam urat ini.

Sayangnya obat untuk asam urat yang tersedia saat ini tidak semuanya menjanjikan penyembuhan yang permanen dan hanya sekedar menekan gejala, nyeri dan pembengkakan sendi akan muncul lagi selang hanya beberapa hari.

Lalu dapatkah penyakit asam urat ini disembuhkan dengan pengobatan alami ?

Penyakit asam urat sangat mungkin disembuhkan melalui pengobatan alami dirumah asalkan kita rutin mengobatinya dan menghindari makanan yang dapat memicu penimbunan asam urat. Diet dan perubahan gaya hidup bisa dijadikan solusi.

1. Sering minum air

Kedengarannya memang sepele, namun perlu kita pahami bahwa asam urat dalam darah adalah pemicu nyeri dan pembengkakan pada sendi.

Penyakit asam urat terbentuk ketika ginjal kita tidak mampu mensekresi kelebihan asam urat akibatnya akumulasi asam urat ini tidak hanya menimbulkan pengkristalan pada sendi tetapi bisa menyebabkan pembentukan batu ginjal.

Jadi, cara terbaik untuk mengeluarkan kelebihan asam urat dalam ginjal adalah dengan memperbanyak minum air putih.
Buatlah kebiasaan minum segelas air setiap 30-40 menit. Anda juga bisa mengkonsumsi minuman menyehatkan lainnya seperti air kelapa, air jeruk nipis dan jus buah.

2. Buah ceri

Buah ceri merupakan pengobatan asam urat terbaik kedua setelah air. Hal ini dikarenakan oleh buah ceri mengandung anthocyanin yang dikenal untuk menyembuhkan rasa sakit, peradangan dan nyeri sendi.

Membuat jus dengan ceri dan beberapa siung bawang putih untuk mengatasi peradangan dan nyeri sendi.Selain itu, anda juga dapat minum segelas jus ceri sekali sehari.

3. Buah dan Sayuran Lainnya

Seperti halnya dengan buah-buahan yang berwarna gelap seperti ceri dan anggur ungu, ada banyak buah-buahan lain yang dapat membantu anda dalam mengatasi masalah asam urat seperti pada beberapa jenis buah dibawah ini;

• Buah Apel

Buah apel mengandung asam malat yang dapat membantu menetralkan asam urat yang berlebihan dalam tubuh anda.

• Buah Pisang

Buah pisang mengandung kalium dan fosfor yang sangat tinggi sehingga mampu mengubah kristal asam urat dalam cairan yang dapat dengan mudah memerah keluar dari sistem anda.

Pisang juga memiliki kandungan tinggi vitamin C yang dapat memberikan bantuan dari rasa sakit dan pembengkakan. Oleh karena itu, anda harus memiliki setidaknya 1-2 buah pisang sehari.

• Buah Anggur
Buah anggur adalah makanan yang bersifat alkali dan hal ini tentu saja sangat membantu dalam menetralkan asam urat sekaligus melakukan pencegahan pembentukan kristal asam urat pada sendi.

• Buah Jeruk

Jeruk mengandung asam sitrat dan vitamin C yang memiliki kemampuan dalam membantu menetralkan asam urat.
Selain beberapa jenis makanan yang sebaiknya anda konsumsi diatas, berikut ini adalah beberapa jenis makanan yang sebaiknya dihindari untuk mencegah kelebihan asam urat dalam darah anda.

Asam urat dalam darah terjadi anda adalah karena hasil samping dari purin. Purin ini sendiri umumnya berasal dari makanan yang anda konsumsi seperti ikan jenis tertentu, kacang polong kering dan kacang-kacangan.
Beberapa jenis makanan lainnya termasuk organ daging (hati, ginjal, otak), daging merah, roti manis, sarden, teri dll.

Nah, jika sendi anda sedang mengalami pembengkakan atau peradangan maka cobalah hangatkan minyak jarak lalu oleskan pada sendi anda.

Selain itu, cobalah buat teh jahe dan meminumnya sekali atau dua kali sehari untuk mendapatkan bantuan dari rasa sakit dan pembengkakan.

Loading...