Ciri Dan Gejala Penyumbatan Tuba Falopi

 

Ciri Dan Gejala Penyumbatan Tuba FalopiJutaan wanita menjadi mandul karena pengaruh penyumbatan tuba falopi, meskipun ketidak suburan bukan semata-mata karena penyumbatan pada tuba falopi ini.

Penyumbatan tuba falopi karena jaringan parut yang disebabkan oleh cedera atau infeksi, tetapi penyebab yang mendasari kondisi ini kadang-kadang tidak diketahui secara pasti.

Penyumbatan pada tuba falopi dapat menyebabkan berbagai masalah pada penderitanya. Dan berikut ini adalah beberapa masalah yang timbul karena penyumbatan pada saluran tuba, antara lain :

Infertilitas

Wanita yang tidak berencana hamil mungkin sama sekali tidak menyadari bahwa mereka mengalami penyumbatan pada saluran tuba mereka, karena infertilitas sering satu-satunya gejala penyumbatan pada saluran ini.
Ketika penyumbatan pada tuba falopi maka dapat mencegah sperma dan telur untuk berzigot. wanita dengan satu tuba falopi yang tersumbat mungkin mengalami kesulitan untuk hamil, tetapi perempuan yang mengalami penyumbatan pada kedua saluran tuba mereka akan sangat kecil kemungkinannya untuk dapat hamil tanpa pengobatan atau fertilisasi in vitro.

Nyeri panggul ringan

Nyeri pada panggul dalam hubungannya dengan penyumbatan saluran tuba terjadi karena tekanan pada pertumbuhan jaringan parut disekitarnya tabung falopi. Dan beberapa wanita mengalami sakit perut yang konstan sebagai akibat dari tabung falopi tersumbat.

Meskipun nyeri perut ini tidak selamanya terkait dengan penyumbatan pada saluran tuba, tetapi jika nyeri ini terjadi pada wanita yang tidak subur maka perlu juga mencurigai bahwa nyeri perut ini karena penyumbatan pada tuba falopi.

Nyeri panggul yang parah

Sangat jarang, wanita dengan tuba falopi mungkin merasa episode intermiten parah, nyeri berulang, yang kadang-kadang terjadi hanya pada satu sisi perut bagian bawah. Nyeri tajam ini kadang-kadang terjadi hanya selama menstruasi atau ovulasi, karena efek dari perubahan hormonal dan peningkatan aliran darah ke organ reproduksi.

Nyeri panggul yang parah dan hadir secara berulang memang bisa disebabkan oleh banyak faktor dan kondisi, seperti kram menstruasi, endometriosis, gangguan pencernaan dan infeksi panggul.

Karena sakit parah hanya jarang disebabkan oleh penyumbatan tuba falopi, maka penyebab potensial lainnya lebih mungkin harus dipertimbangkan.

Siapa saja yang beresiko tinggi mengalami penyumbatan pada saluran tuba falopi ini?

Penyebab paling umum dari tuba fallopi adalah kehadiran jaringan parut dari infeksi panggul sebelumnya. Wanita yang mederita klamidia atau gonore juga sangat beresiko mengalami penyumbatan pada tuba falopi mereka.

Selain itu, luka yang disebabkan oleh kehamilan ektopik masa lalu dapat mengakibatkan jaringan parut dan oklusi tuba falopi. Kondisi lain, seperti kanker, endometriosis atau operasi dapat juga berkontribusi terhadap penyumbatan pada saluran tuba.

Jadi jika anda masikh kesulitan untuk bisa hamil sementara anda berada pada risiko tinggi mengalami penyumbatan pada saluran tuba anda maka sebaiknya periksakan kondisi anda pada dokter ahlinya.

 
 

TOPIK TERBARU:

Kedutan di kandung kemih, cara menghilangkan ganglion dengan bawang merah, cara mengecilkan tulang alis menonjol, cara menghilangkan bekukul di wajah dengan lemon, obat pati roso salep, menghilangkan garus hitam di sudut binir, urat nampak didahi, langit2 mulut kedutan, Cara ampuh meng hilangkn kutil pd wajah dan bintik hitam secara alami, cara mengecilkan lingkar kepala, Tulang pubis, bawang putih obat ganglion, Bibir bawah terbelah, cara membersihkan lubang hidung murai batu, mengatasi telinga kelinci turun sebelah