Mengenali Penyebab dan Gejala Kista


Loading...

Penyebab dan gejala kista tidak dapat dipastikan, namun penyebab umum biasanya karena faktor genetika dan gaya hidup yang tidak sehat.

Gejalanya kista bisa menimbulkan rasa nyeri pada bagian tubuh tempat pertumbuhan kista (namun hal ini tidak berlaku pada beberapa jenis kista).

Defenisi kista
Kista adalah struktur tertutup yang berisi cairan, gas, atau zat semisolid yang bukan bagian dari jaringan normal. Umumnya kista dapat di derita pada individu dari segala usia. Kista bervariasi dalam ukuran yang terkadang hanya bisa dilihat melalui mikroskop.

Apa Apakah penyebab kista?
Kista dapat timbul melalui berbagai proses dalam tubuh seperti:  infeksi,  tumor,   kondisi peradangan kronis,  genetik kondisi (warisan),  cacat dalam mengembangkan organ dalam embrio.

Kista sebagian besar muncul karena  kondisi yang tercantum di atas dan hanya dapat dicegah dengan menjauhi penyebabnya.

Gejala dan diagnosis pada kista
Pertumbuhan kista terkadang memberikan gejala sehingga pertumbuhan kista bisa kita deteksi, namun pada beberapa individu dan jenis kista tidak menimbulkan gejalala apapun.

READ:  Gejala Umum Dari Kista Ovarium

Sebagai contoh, kista kulit atau kista yang terjadi pada jaringan di bawah kulit biasanya terlihat, kista di kelenjar susu (payudara) juga mungkin bisa teraba (berarti bahwa Anda dapat merasakannya saat Anda memeriksa daerah tersebut dengan jari-jari Anda).

Sementara kista dalam organ seperti ginjal atau hati mungkin tidak memberikan gejala  apapun atau tidak dapat kita deteksi dengan indera kita.  Kista ini dapat didiagnosa melalui sinar-X, USG, alat tomografi atau CT scan, dan Pencitraan Resonansi Magnetis.

Gejala kista dapat atau tidaknya terdeksi tergantung pada ukuran dan lokasi pertumbuhan mereka.

Ada ratusan jenis kista yang dapat timbul dalam tubuh. Beberapa jenis kista yang terkenal seperti kista payudara yang merupakan bagian dari penyakit payudara fibrocystic kista ovarium,  kista dalam kelenjar tiroid,  Kista baker (popliteal kista) di belakang lutut,  kista pada sendi ganglion  dan tendonkista kelenjar dalam kelopak mata kista pada kelenjar  sebaceous  di kulit.

Penyebab kista sebenarnya karena penurunan sistem imun kita, karena faktor genetik serta beberapa faktor pemicu ainnya. Keberadaan kista dalam diri kita terkadang tidak terdeteksi karena tidak menimbulkan gejala sama sekali.  Untuk mengenali penyebab  dan gejala kista, sebaiknya selalu melakukan pemeriksaan kesehatan pada dokter anda.

Loading...