Manfaat dan Efek Samping Naproxen


Loading...

Pengertian NaproxenNaproxen adalah anti-inflamasi nonsteroid (NSAID). Ia bekerja dengan mengurangi hormon yang menyebabkan peradangan dan nyeri dalam tubuh.

Naproxen digunakan untuk mengobati rasa sakit atau peradangan yang disebabkan oleh kondisi seperti arthritis, ankylosing spondylitis, tendinitis, bursitis, asam urat, atau kram menstruasi.

Naproxen juga dapat digunakan untuk tujuan tidak tercantum dalam panduan pengobatan.
Penting informasi tentang naproxen

Penggunaan Naproxen dapat mengancam jiwa, Obat ini menyebabkan gangguan pada jantung atau masalah sirkulasi seperti serangan jantung atau stroke, efek serius pada perut atau usus, termasuk perdarahan atau perforasi (pembentukan lubang). Kondisi ini bisa berakibat fatal dan bisa terjadi tanpa peringatan ketika Anda mengkonsumsi naproxen, terutama pada orang dewasa yang lebih tua.

Hubungi dokter Anda sekaligus jika Anda memiliki gejala lambung perdarahan seperti hitam, berdarah, atau kotoran berwarna hitam, atau batuk darah atau muntah yang tampak seperti bubuk kopi.

Mintalah dokter atau apoteker sebelum menggunakan alergi, dingin, atau obat nyeri. Banyak obat-obatan yang tersedia di atas meja mengandung aspirin atau obat lain yang serupa dengan naproxen (seperti ibuprofen atau ketoprofen). Mengkonsumsi produk tertentu secara bersama-sama dapat menyebabkan Anda kelebihan dosis. Periksa label untuk melihat apakah obat mengandung naproxen, aspirin, ibuprofen, atau ketoprofen. Hindari minum alkohol. Ini dapat meningkatkan risiko pendarahan pada perut.

Sebelum mengambil naproxen

Jangan gunakan naproxen sebelum atau setelah operasi bypass jantung (arteri graft bypass koroner, atau CABG).

Obat ini dapat menyebabkan mengancam jiwa jantung atau masalah sirkulasi seperti serangan jantung atau stroke, terutama jika Anda menggunakannya jangka panjang.

Obat ini juga dapat menyebabkan efek serius pada perut atau usus, termasuk perdarahan atau perforasi (pembentukan lubang). Kondisi ini bisa berakibat fatal dan bisa terjadi tanpa peringatan ketika Anda mengambil naproxen, terutama pada orang dewasa yang lebih tua.

Anda tidak harus menggunakan naproxen jika anda mengalami alergi pada obat ini, atau jika Anda memiliki riwayat reaksi alergi terhadap aspirin atau NSAID lainnya.

READ:  Defenisi dan Gejala Keracunan Darah

Mintalah dokter atau apoteker apakah aman bagi Anda untuk mengambil obat ini jika Anda memiliki:

riwayat serangan jantung, stroke, atau pembekuan darah, penyakit jantung, gagal jantung kongestif, tekanan darah tinggi, riwayat sakit maag atau pendarahan, hati atau penyakit ginjal, asma, polip di hidung Anda, gangguan pembekuan darah atau jika Anda merokok.

FDA kehamilan kategori C. Sebelum menggunakan naproxen, beritahu dokter Anda jika Anda sedang hamil atau berencana untuk hamil selama pengobatan. Mengambil obat ini selama 3 bulan terakhir kehamilan dapat mengakibatkan cacat lahir. Jangan mengambil naproxen selama kehamilan kecuali dokter Anda telah memberitahu Anda untuk. Naproxen dapat masuk ke dalam ASI dan dapat membahayakan bayi menyusui. Jangan gunakan obat ini tanpa memberitahu dokter Anda jika Anda menyusui bayi. Jangan memberikan obat ini untuk anak muda dari 2 tahun tanpa nasihat medis.

Bagaimana saya harus mengkonsumsi naproxen?

Gunakan dosis naproxen persis seperti yang diarahkan pada label, atau seperti yang ditentukan oleh dokter Anda. Jangan gunakan dalam jumlah yang lebih besar atau lebih kecil atau lebih lama dari yang direkomendasikan.

EC-Naprosyn adalah bentuk lambat-acting naproxen dan merek ini harus digunakan hanya untuk mengobati arthritis atau ankylosing spondylitis. Ikuti petunjuk dokter anda.

Jangan menghancurkan, mengunyah, atau menghancurkan tablet naproxen extended-release atau enterik berlapis. Menelan seluruh pil. Pil extended-release secara khusus dibuat untuk melepaskan obat secara perlahan dalam tubuh. Melanggar pil akan menyebabkan terlalu banyak obat yang akan dirilis pada satu waktu. Pil salut enterik memiliki lapisan khusus untuk melindungi perut Anda. Melanggar pil bisa merusak lapisan ini. Kocok suspensi oral (cairan) dengan baik sebelum Anda mengukur dosis. Ukur cairan dengan secangkir dosis-mengukur khusus sendok atau obat-obatan, tidak dengan sendok meja biasa. Jika Anda tidak memiliki perangkat pengukur dosis, tanyakan kepada apoteker Anda untuk satu.

Jika Anda mengambil naproxen untuk jangka waktu yang panjang, dokter Anda mungkin ingin memeriksa Anda secara teratur untuk memastikan obat ini tidak menyebabkan efek berbahaya. Jangan lewatkan setiap kunjungan yang dijadwalkan ke dokter Anda.

READ:  Mengenal Gejala Awal Dari Katarak

Toko naproxen pada suhu kamar jauh dari kelembaban dan panas.

Apa yang terjadi jika saya melewatkan dosis?

Karena naproxen diambil sesuai kebutuhan, Anda mungkin tidak pada jadwal dosis. Jika Anda minum obat secara teratur, mengambil dosis tidak terjawab segera setelah Anda ingat. Lewati dosis yang tidak terjawab jika hampir waktu untuk dosis berikutnya dijadwalkan. Jangan minum obat tambahan untuk membuat dosis terjawab.
Apa yang terjadi jika saya overdosis?

Tindakan pertama yang anda harus lakukan jika overdosis adalah Carilah bantuan medis secepat mungkin.

Gejala overdosis mungkin termasuk bentuk parah dari beberapa efek samping yang tercantum dalam panduan pengobatan.
Apa yang harus saya hindari saat mengambil naproxen?

Mintalah dokter atau apoteker sebelum menggunakan alergi, dingin, atau obat nyeri. Banyak obat-obatan yang tersedia di atas meja mengandung aspirin atau obat lain yang serupa dengan naproxen (seperti ibuprofen atau ketoprofen). Mengambil produk tertentu bersama-sama dapat menyebabkan Anda untuk mendapatkan terlalu banyak jenis obat. Periksa label untuk melihat apakah obat mengandung naproxen, aspirin, ibuprofen, atau ketoprofen. Hindari minum alkohol. Ini dapat meningkatkan risiko perdarahan perut. Hindari paparan sinar matahari atau tanning bed. Naproxen dapat membuat Anda lebih mudah terbakar sinar matahari. Kenakan pakaian pelindung dan tabir surya penggunaan (SPF 30 atau lebih tinggi) ketika Anda outdoors.e itu jangka panjang. Jangan gunakan naproxen sebelum atau setelah operasi bypass jantung (arteri graft bypass koroner, atau CABG).

Dapatkan bantuan darurat medis jika Anda mengalami nyeri dada, kelemahan, sesak napas, melantur berbicara, atau masalah dengan visi atau keseimbangan.

Loading...