Efek Samping Glukosamine dan Chondroitin


Loading...

Manfaat Glocosamine pada KesehatanEfek samping dari glukosamin mungkin termasuk mengantuk, sakit kepala, insomnia, dan keluhan pencernaan ringan seperti sakit perut, kurang nafsu makan, mual, mulas, sembelit, diare, dan muntah.

Pada kasus lain, kombinasi glukosamin dan kondroitin telah dikaitkan dengan tekanan darah tinggi dan jantung berdebar kencang.

Sejak glucosamine suplemen dapat dibuat dari kerang, orang-orang dengan alergi terhadap kerang harus menghindari glukosamin kecuali telah dikonfirmasi bahwa itu adalah dari sumber non-kerang.

Ada beberapa bukti yang menunjukkan bahwa glucosamine, dalam dosis yang digunakan untuk mengobati osteoarthritis dapat memperburuk gula darah, insulin, dan atau hemoglobin A1c (tes dengan mengukur seberapa baik gula darah telah dikendalikan selama tiga bulan sebelumnya) serta peningkatan gula darah pada penderita diabetes atau resistensi insulin.

Secara teoritis, glukosamin dapat meningkatkan risiko perdarahan. Orang dengan gangguan perdarahan, mereka yang mengonsumsi obat anti-pembekuan atau anti-platelet (seperti warfarin, clopidogrel, dan Ticlid) atau orang yang memakai suplemen yang dapat meningkatkan risiko perdarahan (seperti bawang putih, ginkgo, vitamin E, atau semanggi merah ) tidak harus mengambil glukosamin kecuali di bawah pengawasan seorang dokter.

Efek lain dari penggunaan glucosamin mungkin masih banyak dari yang disebutkan diatas ataupun mungkin para peniliti masalah ini belum menemukannya.
Glukosamin adalah suplemen diet populer yang digunakan untuk mengobati osteoarthritis lutut. Sedangkan manfaat yang terkait dengan glukosamin telah diperdebatkan oleh para peneliti, suplemen telah mengurangi nyeri sendi pada beberapa pasien.

Ada laporan awal yang menunjukkan penggunaan glukosamin dengan vitamin C, bromelain, kondroitin sulfat, atau mangan dapat meningkatkan manfaat glukosamin untuk osteoartritis. Laporan lain awal menunjukkan mungkin ada manfaat tambahan untuk psoriasis jika glukosamin diambil dengan minyak ikan.

Ada banyak teori, tapi apa faktanya? Jika Anda menggunakan glukosamin atau Anda sedang mempertimbangkan sebuah percobaan suplemen, ada 10 hal yang harus Anda ketahui tentang glukosamin.
1. Glukosamin merupakan bahan alami yang ditemukan dalam tulang rawan yang sehat.

Glukosamin sulfat adalah komponen normal glycoaminoglycans dalam matriks tulang rawan dan cairan sinovial. Penelitian telah menunjukkan bahwa mengambil hasil glukosamin dalam ekuivalen nyeri untuk beberapa NSAID. Ini juga telah berteori bahwa glukosamin dapat memperlambat kerusakan tulang rawan pada pasien osteoarthritis. Kata pasti diharapkan dalam sebuah studi klinis besar yang dilakukan oleh National Institutes of Health.

2. Dari hasil penelitian (Glucosamine ( Chondroitin) Arthritis Intervensi )yang telah lama dinanti-nanti tentang manfaat glucosamine ternyata hasilnya cukup mengecewakan.

GAIT dirancang untuk menguji masalah efektivitas glucosamine dan chondroitin sulfat dalam mengurangi nyeri pada sejumlah besar peserta dengan osteoarthritis lutut dalam jangka pendek (6 bulan). Dalam GAIT, peserta secara acak ditugaskan untuk salah satu dari lima kelompok perlakuan:

– Glukosamin saja
– Kondroitin sulfat saja
– Glukosamin dan kondroitin sulfat dalam kombinasi
– Celecoxib
– Plasebo

Hasil dari penelitian menunjukkan GAIT:
Secara statistik, peserta mengambil kontrol positif, celecoxib, mengalami nyeri yang signifikan dibandingkan dengan plasebo. Tidak ada perbedaan yang signifikan antara perawatan lain diuji dan plasebo.

Untuk subset dari peserta studi dengan sedang sampai berat nyeri, glukosamin dikombinasikan dengan kondroitin sulfat hasil statistik menunjukkan rasa nyeri yang signifikan jika dibandingkan dengan plasebo. Para peneliti, bagaimanapun, mengatakan bahwa karena ukuran subkelompok ini begitu kecil, temuan harus dipertimbangkan awal dan perlu dikonfirmasi dalam penelitian lebih lanjut.

Bagi peserta dalam subset nyeri ringan, glukosamin dan kondroitin sulfat bersama-sama atau sendiri tidak memberikan nyeri yang signifikan secara statistik.

Beberapa hal yang perlu kita ketahui mengenai Glucosamine ini antara lain:

1. Glukosamin merupakan bahan alami yang ditemukan dalam tulang rawan yang sehat.

Glukosamin sulfat adalah komponen normal glycoaminoglycans dalam matriks tulang rawan dan cairan sinovial. Penelitian telah menunjukkan bahwa mengambil hasil glukosamin dalam ekuivalen nyeri untuk beberapa NSAID.

Ini juga telah berteori bahwa glukosamin dapat memperlambat kerusakan tulang rawan pada pasien osteoarthritis. Kata pasti diharapkan dalam sebuah studi klinis besar yang dilakukan oleh National Institutes of Health.

2. Orang yang ingin mencoba glukosamin harus mendiskusikan rencana perawatan keseluruhan untuk osteoarthritis dengan dokter mereka.

Anda harus konsultasi pada dokter anda jika ingin mencoba glukosamin. Dokter anda juga dapat memperingatkan anda tentang masalah keamanan terkait beberapa efek glukosamin pada kesehatan anda.

3. Glukosamin dijual sebagai suplemen makanan yang biasanya diekstrak dari jaringan hewan, khususnya kepiting, lobster, udang atau kerang.

Sumber daya yang paling menunjukkan bahwa glucosamine harus dihindari pada pasien yang alergi terhadap kerang, sementara sumber lainnya (termasuk Arthritis Foundation) merekomendasikan berbicara dengan dokter Anda tentang alergi Anda dikenal.

Alergi sebagian besar disebabkan oleh protein dalam kerang, bukan oleh kitin, karbohidrat dari mana glukosamin diekstrak. Sekali lagi, ini penting untuk mendiskusikan dengan dokter Anda!

4. Jika ada kesempatan manfaat, Anda harus mengambil jumlah theraputic yang disarankan untuk mengkonsumsi glukosamin.

Dosis awal yang khusus adalah 1500 mg glukosamin dan kondroitin 1200 setiap hari selama 6 sampai 8 minggu. Jika jawaban yang diperoleh, dosis dapat dikurangi menjadi 1000 mg glukosamin dan kondroitin dari 800 atau kurang.

Anda dapat mengambil glukosamin sementara tinggal di obat-obatan biasa arthritis. Jika akan ada manfaat dari mengambil glukosamin, Anda akan melihat itu dalam beberapa bulan.

5. Karena industri suplemen makanan adalah sebagian besar tidak diatur, kualitas produk glucosamine yang dijual tidak selalu identik.

Dianjurkan agar Anda membeli suplemen dari perusahaan ternama dan harus memiliki reputasi yang baik. Beberapa suplemen makanan untuk kualitas, ditemukan bahwa dalam beberapa kasus, produk tersebut tidak mengandung jumlah suplemen yang ditunjukkan pada label. Pembeli dalam hal ini perlu mewaspadainya.

6. Glukosamin dapat meningkatkan risiko perdarahan pada pasien tertentu.

Pasien dengan perdarahan, gangguan pasien yang mengambil obat pengencer darah dan pasien yang menjalani terapi Aspirin harian seharusnya memiliki waktu pembekuan darah mereka diperiksa lebih sering untuk memantau situasi. Dosis Glucosamine mungkin perlu penyesuaian jika masalah ditemukan.

7. Glucosamine tidak dianjurkan untuk digunakan selama kehamilan atau menyusui.

Karena kurangnya bukti ilmiah mengenai manfaat glucosamine ini, sehingga direkomendasikan bahwa penggunaan glukosamin perlu dihindari selama kehamilan dan menyusui.

Efek Samping Glukosamine dan Chondroitin seperti mengantuk, sakit kepala, insomnia, dan keluhan pencernaan ringan seperti sakit perut, kurang nafsu makan, mual, mulas, sembelit, diare, dan muntah dapat terjadi. Jadi sebaiknya konsultasikan pada dokter anda jika bermaksud mengkonsumsi glucosamine ini.

Loading...