10 Cara Memutihkan Kulit Secara Alami


Loading...

Cara Memutihkan KulitCara memutihkan kulit secara alami masih menjadi pilihan utama bagi sebahagian besar wanita dalam merawat kulit wajah mereka.

Hal ini  disebabkan karena cara alami terbukti memberikan hasil yang lebih memuaskan dalam hal memutihkan kulit, baik karena pengaruh  flek hitam akibat paparan sinar matahari, bekas jerawat, faktor usia maupun karena gangguan kulit lainnya.

Namun untuk memutihkan kulit, kita tidak bisa menyamakan perawatan antara kulit wajah dengan kulit pada bagian tubuh lainnya.  Alasannya adalah kulit pada wajah sangat tipis jika dibandingkan dengan kulit tubuh lainnya sehingga kulit wajah ini biasanya sangat sensitif dan mudah terpengaruh oleh kondisi cuaca, paparan bahan kimia (kosmetika) atau karena kesalahan dalam perawatan kulit lainnya.

Untuk memutihkan kulit dengan cara alami, kita bisa memanfaatkan beberapa bahan alami yang memiliki sifat memutihkan kulit seperti alpukat, jeruk, minyak lavender, minyak bunga matahari.

Selain bahan alami diatas, kita juga bisa memutihkan kulit kita dengan membuat beberapa ramuan dari bahan alami lainnya seperti bengkoang, pisang, madu dan lain sebagainya.

Untuk lebih jelasnya cara membuat ramuan pemutih kulit  kita bagi menjadi  dua bagian yaitu, kulit wajah dan kulit tubuh lainnya.

Cara memutihkan wajah

1.       Buah pisang dan Madu alami

Buah pisang yang dipilih dari varietas pisang ambon atau pisang kepok yang telah masak.  Cara meramunya dimulai dengan melumatkan buah pisang  (di blender) hingga halus lalu menambahkan 1 hingga 2 sdt madu murni. Aduk hingga rata sebelum menerapkan ramuan pisang madu ini pada bagian wajah dan bagian leher kita.

Untuk hasil yang lebih memuaskan, biarkan ramuan ini bereaksi  hingga 20 menit lamanya sebelum dibilas dengan aiir biasa.

 2.       Bengkoang

Bengkoang  atau Pachyrhizus erosus ini merupakan tumbuhan berumbi yang bisa dimanfaatkan untuk memutihkan kulit dan menghilang  flek hitam pada wajah. Hal ini dikarenakan kandungan bengoang seperti ascorbic acid (vitamin C) bersifat antioksidan dan dapat merangsang pembentukan kolagen kulit.

–          Cara pertama

Manfaatkan hasil parutan bengkoang sebagai lulur alami kulit dengan gerakan melingkar. Biarkan ramuan ini bereaksi beberapa saat sebelum dibilas dengan air bersih.

 Ramuan bengkoang ini juga bisa dijadikan bahan eksfoliasi kulit wajah untuk menghilangkan sel-sel kulit yang telah mati agar mempercepat pembentukan sel kulit yang baru. Hasilnya tentu kulit kita lebih mulus, halus dan cerah.

–          Cara kedua

Tepung beras bisa dimanfaatkan sebagai bahan campuran parutan bengkoang untuk memutihkan kulit sekaligus membuat kulit tetap elastis agar tetap awet muda.

–          Cara ketiga

Cara ketiga ini sebenarnya sama dengan cara kedua diatas, namun pada cara ketiga ini tinggal menambahkan yoghurt pada kedua ramuan diatas.

Manfaat menerapkan ramuan yoghurt + tepung beras + bengkoang ini adalah untuk membuat kulit terlihat cerah, halus, putih dan semakin mulus.

Jika anda repot membuat ramuan pemutih bengkoang ini, anda bisa membeli masker pemutih yang berbahan bengkoang pada toko kecantikan di sekitar anda.

 3.       Ramuan Jeruk nipis untuk memutihkan wajah dan menghilangkan flek hitam

Jeruk nipis ini sudah lama dimanfaatkan dalam  perawatan kulit dengan maksud untuk memutihkan kulit kita , tidak terkecuali kulit wajah.

Cukup dengan memotong buah jeruk nipis menjadi dua bagian lalu menggosokkan pada bagian wajah dan leher kita, dapat membuat kulit lebih bersih. Pada pengguaan setiap harinya bisa memutihkan kulit secara alami serta dapat menghilangkan noda hitam bekas jerawat.

Namun pada kulit wajah yang sangat sensitif dan wajah yang sedang ditumbuhi jerawat biasanya sangat perih jika menggunakan ramuan ini.

 4.       Ramuan Alpukat untuk memutihkan wajah

Alpukat merupakan tanaman yang buahnya sangat kaya akan vitamin C dan E dan beberapa kandungan gizi lainnya untuk kesehatan kulit kita.

 Karena kandungan gizi inilah buah alpukat banyak dimanfaatkan sebagai  bahan ramuan  alami untuk memutihkan kulit wajah.

 Cukup dengan memanfaatkan daging buah alpukat yang telah masak lalu membalurkannya pada bagian wajah dan leher kita.

 Biarkan ramuan alpukat ini beberapa saat menempel pada kulit  sebelum anda bilas dengan air bersih.

 Manfaat penggunaan alpukat selain untuk memutihkan kulit juga dapat menjaga atau mempertahankan kelembaban kulit sehingga mencegah terjadinya kulit kering atau kerutan halus pada wajah.

 Cara Memutihkan Badan

Untuk memutihkan kulit badan dengan ramuan alami, kita bisa membuat beberapa ramuan dan beberapa cara perawatan lainnya seperti dibawah ini.

 1.       Membersihkan kulit menjelang tidur

Membersihkan kulit dari debu dan residu lemak yang menempel akan mencegah pertumbuhan jerawat baru.

Menghilangkan sisa make up juga dapat membantu pernafasan kulit melalui pori-pori.

 2.       Masker kulit jus lemon dan madu murni

Masker kulit jus lemon dan madu murni merupakan ramuan yang paling banyak manfaatnya untuk kecantikan kulit, selain dapat memutihkan kulit, juga menjaga elastisitas kulit serta dapat menyamarkan noda hitam akibat bekas jerawat.

Pada penggunaan jangka panjang ramuan ini akan menghilangkan bekas jerawat dengan tuntas.

3.       Aloe vera (lidah buaya)

Aloevera adalah salah satu tanaman yang paling banyak dimanfaatkan untuk perawatan kecantikan, baik dalam perawatan rambut maupun dalam merawat kulit kita.

 Gel atau lendir lidah buaya ini berkhasiat untuk memutihkan kulit, gangguan kulit akibat iritasi ringan serta dapat memberi kecerahan kulit.

 4.       Masker kulit jus lemon dan putih telur untuk memutihkan kulit.

Jus lemon  dan putih telur untuk memutihkan kulit dan menghilangkan noda hitam bekas jerawat ataupun mencerahkan kulit kusam akibat paparan sinar matahari.

Dengan mencampur kedua bahan diatas hingga rata dapat dijadikan sebagai masker kulit yang paling efektif untuk membuat kulit kita tetap cantik.

Selain cara memutihkan wajah dan memutihkan kulit badan lainnya, bagian kulit seperti pada ketiak yang berwarna gelap (hitam ) dapat dicerahkan (diputihkan) kembali  dengan beberapa metode perawatan.

 Cara alami memutihkan kulit ketiak

 1.       Jus lemon

Salah satu ramuan pemutih terbaik adalah jus lemon. Jus Lemon dapat memutihkan kulit ketiak dengan baik jika diaplikasikan dengan rutin pada kulit ketiak kita.

 Caranya , ambil setengah buah lemon untuk dijadikan jus lalu oleskan jus ke ketiak. Biarkan meresap dalam dan kering dengan sendirinya atau membiarkannya selama sekitar tiga puluh menit, bilas dengan sabun mandi biasa.

 Meskipun ramuan  ini dapat digunakan setiap hari, kita sebaiknya menggunakan cukup  sekali sehari saja untuk memastikan jus lemon tidak menimbulkan  alergi, karena terkadang orang dapat menderita alergi karena ramuan ini.  Jika semua berjalan dengan baik, gunakan ramuan ini setiap malam sebelum tidur.

 Tip: Peras beberapa jus lemon ke dalam botol semprot untuk digunakan dalam beberapa hari. . Semprotkan jus pada ketiak anda beberapa kali sehari, hal  ini akan membantu meringankan kulit ketiak yang gelap.

 Jus lemon cenderung mengeringkan kulit sehingga menambah beberapa minyak pelembab ke dalam campuran. Minyak Vitamin E mungkin pilihan yang terbaik sebagai bahan campuran.

 2.       Madu dan jus lemon untuk memutihkan ketiak yang gelap

 Campurkan satu sendok makan madu dengan satu sendok makan jus lemon serta satu sendok teh bubuk tawas.  Manfaat penggunaan madu disini hanya untuk menyeimbangkan jus lemon dan bubuk tawas untuk memutihkan ketiak.

 Terapkan ramuan ini semua pada ketiak anda sebelum mandi. Biarkan selama 15 sampai 20 menit sebelum dibilas dengan air hangat.

 Memutihkan kulit, baik kulit wajah, kulit ketiak dan beberapa bagian kulit lainnya  bisa dengan memanfaatkan ramuan alami disekitar kita. Dan semoga saja 10 cara memutihkan kulit secara alami diatas dapat bermanfaat untuk kecantikan kulit anda.

Loading...