Cara Memutihkan Kulit dengan Herbal dan Kosmetika


Loading...

Bahan Pemutih Kulit AlamiSetiap wanita tentu mendambakan kulit yang putih dan mulus untuk membuat mereka semakin cantik. Upaya untuk membuat kulit bisa menjadi putih secara berangsur baik dengan menggunakan produk kosmetika seperti cream pemutih, hand and body lotion dan masker yang berbahan herbal.

Cara memutihkan kulit dengan memilih bahan alami yang memiliki efek pemutih. Meskipun cara alami mungkin efek untuk memutihkan kulit (skin whitening) terbilang sedikit lamban jika dibanding dengan menggunakan cream pemutih ataupun lotion pemutih. Namun penggunaan ramuan alami untuk memutihkan kulit bisa dibilang sangat aman untuk kesehatan kulit.

 Selain itu, pengguaan ramuan berbahan herbal biasanya sangat cocok diterapkan pada kulit yang sedikit sensitif tanpa menimbulkan reaksi alergi maupun iritasi pada kulit. Sementara kita ketahui bahwa pada bagian-bagian tertentu seperti pada kulit wajah dan kulit payudara biasanya sangat sensitif terhadap beberapa zat-zat kimia dan juga termasuk bahan herbal lainnya.

Menerapkan bahan pemutih kulit pada kedua bagian kulit diatas sebaiknya perlu kehati-hatian, salah satu caranya adalah pada setiap kream maupun  ramuan herbal yang baru sebaiknya terlebih dahulu mencobanya dengan sedikit olesan saja.

Jika tidak terjadi reaksi yang mengarah pada alergi anda baru bisa menerapkannya pada seluruh bagian kulit anda. Sebaliknya, jika kulit mengalami rasa gatal atau perih kemerahan, itu menandakan bahwa telah terjadi reaksi negatif pada kulit (hentikan penggunaan bahan pemutih kulit tsb).

Beberapa herbal alami yang memiliki sifat pemutih kulit yang baik dapat digunakan untuk memutihkan kulit diantaranya adalah:

Jus lemon untuk memutihkan kulit

Jus lemon sangat dikenal dalam memutihkan kulit gelap dan kusam akibat sel-sel kulit yang mati. Selain itu, jus lemon ini juga menjadi bahan yang dapat merangsang percepatan tumbuhnya sel kulit baru yang lebih segar.

READ:  Membuat Rambut Sehat, Hitam Kemilau

Jus lemon juga dapat digunakan untuk pengobatan bintik-bintik kulit akibat penuaan, menghilangkan noda tembakau yang terbentuk pada jari-jari.

Jangan menyentuhkan jus lemon pada mata karena dapat menyebabkan iritasi pada mata. Selain itu, hindari menyentuhkan jus pada luka terbuka karena dapat menyebabkan pembakaran intens bagian.

Kulit lemon untuk memutihkan kulit

Keringkan kulit jeruk dibawah terik matahari sebelum dihaluskan untuk membuat bubuk pemutih kulit.

Tambahkan susu kental pada bubuk kulit jeruk tadi untuk dijadikan pasta dan menerapkannya pada kulit anda setiap hari. Bilas dengan air hangat ketika pasta telah mengering.

Mantle Lady

Mantle Lady mengandung 6% sampai 8% tanin (elagitannins, seperti pedunculagin dan alchemillin) dan flavonoid (quercetin 3-O-β-D-glukuronat). Tanaman ini menawarkan kemampuan untuk melembutkan dan mencerahkan kulit. Hal ini biasanya digunakan untuk menyingkirkan bintik hitam karena pengaruh usia.

Sengan mengekstrak daun segar  dari mantle lady ini menjadi  jus lalu mengoleskannya pada kulit dan meninggalkan selama beberapa menit sebelum kulit dicuci dengan air. Penggunaan ramuan ini, 2-3 kali dalam seminggu dapat meringankan warna kulit gelap dan kusam.

 Selain itu, dengan merebus beberapa lembar daun mantle lady hingga mendidih kemudian biarkan beberapa saat hingga air rebusan menjadi dingin dapat digunakan untuk lotion kulit. Penggunaan air rebusan ini  memberi  efek pemutihan dan mencerahkan kulit yang gelap.

Bawang merah untuk menghilangkan bintik hitam pada wajah

Tanaman ini mengandung senyawa asam yang mirip dengan mereka yang hadir dalam jus lemon. Bawang merah ini sangat efektif untuk memutihkan kulit. Anda dapat menerapkan sepotong bawang merah pada kulit setiap hari untuk meringankan kulit gelap. Berhati-hatilah untuk tidak mengoleskannya di dekat mata karena dapat menyebabkan kemerahan dan iritasi pada mata.

READ:  Defenisi dan Gejala Keracunan Darah

Bubuk cendana untuk mencerahkan kulit

Gunakan bubuk cendana lalu menambahkan jus lemon, jus tomat, jus ketimun untuk dijadikan pasta.  Oleskan pasta pada kulit sampai mengering untuk membuat kulit lebih cerah dan menyamarkan kulit kusam.

 Kentang adalah salah satu agen pemutih kulit yang baik. Membuat jus dari umbi kentang dapat  memberikan kecerahan pada kulit. Manfaat lainnya seperti mengurangi pigmentasi dan noda pada kulit.

Demikian cara alami memutihkan kulit diatas semoga bermanfaat untuk anda. Jika anda ingin menggunakan produk kosmetik yang berbahan kimia, anda bisa memilih beberapa produk kecantikan yang sudah terbukti memberikan hasil yang maksimal dalam memutihkan kulit.

Beberapa jenis kosmetika pemutih seperti krim , sabun, lotion, krim pemutih berbahan herbal atau jenis lainnya. Pilihlah kosmetika yang aman untuk kulit serta  yang sesuai dengan dengan jenis kulit anda.

 Anda dapat berkonsultasi dengan ahli kecantikan tentang produk kosmetika yang cocok untuk jenis kulit anda karena beberapa dari pengobatan ini tidak cocok untuk kulit sensitif.

Produk kosmetika pemutih kulit juga sangat khasiatnya bervariasi, beberapa diantaranya adalah   membantu menghilangkan bekas luka, mengurangi tan matahari dan pigmentasi serta membersihkan kulit agar terlihat lebih putih dan cerah.

Namun apapun merek dagang kosmetika tersebut sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu pada dokter kulit anda untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Demikian cara memutihkan kulit diatas baik dengan menggunakan bahan alami maupun kosmetika yang berbahan kimia semoga banyak manfaatnya untuk memutihkan kulit anda.

Loading...