Perkembangan Janin dari Minggu Ke Minggu


Loading...

Perkembangan janin yang sehat akan mengalami peningkatan pesat dari minggu keminggu. Janin ini akan menghabiskan waktu sekitar 38 minggu dalam rahim sebelum terlahir menjadi bayi. Tetapi rata-rata lama kehamilan (kehamilan) dihitung sebagai 40 minggu.  Hal ini karena kehamilan dihitung dari hari pertama pada haid terakhir wanita, dimulai dari tanggal pembuahan yang umumnya terjadi dua minggu kemudian.

Kehamilan sendiri dibagi menjadi tiga trimester :

Trimester pertama – konsepsi sampai 12 minggu
Trimester kedua – 12 sampai 24 minggu
Trimester ketiga – 24-40 minggu.

Perkembangan dari Janin Menjadi BayiBerikut ini pembahasan singkat mengenai Perkembangan Janin dari Minggu Keminggu  mulai pada Masa Pembuahan (Saat pembuahan adalah ketika sel telur wanita ( sel telur) yang dibuahi oleh sperma pria) hingga janin  siap untuk dilahirkan.

Perkembangan Janin dari Minggu Keminggu

Usia Janin  1 Minggu
Ini minggu pertama sebenarnya periode menstruasi terakhir anda dengan asumsi bahwa minggu ini dianggap sebagai bagian dari kehamilan 40 minggu anda.

Usia Janin  2 Minggu
Fertilisasi telur dengan sperma akan berlangsung menjelang akhir minggu ini .

Usia Janin  3 Minggu
Tiga puluh jam setelah pembuahan, sel terbagi menjadi dua dan tiga hari kemudian, sel ( zigot ) telah dibagi menjadi 16 sel . Setelah dua hari kemudian, zigot telah bermigrasi dari tuba falopi menuju rahim ( rahim ). Tujuh hari setelah pembuahan, zigot menanamkan dirinya kedalam lapisan rahim (endometrium). Dan Zigot ini sekarang dikenal sebagai blastocyst .

Usia Janin  4 Minggu

Perkembangan bayi mungil dari sebutir beras . Sel-sel membelah dengan cepat dalam proses pembentukan berbagai sistem tubuh, termasuk sistem pencernaan .

Usia Janin 5 Minggu

Terjadi pertumbuhan atau perkembangan tabung saraf yang pada akhirnya akan menjadi sistem saraf pusat (otak dan sumsum tulang belakang).

Usia Janin  6 Minggu

Bayi itu sekarang dikenal sebagai embrio dan ukurannya sekitar 3 mm. Pada tahap ini adalah mensekresi hormon khusus yang mencegah ibu mengalami periode menstruasi .

Usia Janin 7 Minggu

READ:  Disfungsi Tulang Pubis Dan Nyeri Pada Tulang Panggul

Jantung berdetak. Embrio telah mengembangkan plasenta dan kantung ketuban. Plasenta membenamkan diri ke dalam dinding rahim untuk mengakses oksigen dan nutrisi dari darah ibu .

Usia Janin 8 Minggu
Embrio sekarang sekitar 1,3 cm . Sumsum tulang belakang berkembang pesat terlihat seperti ekor dengan ukuran kepala yang tidak proporsional .

Usia Janin  9 Minggu

Mata, mulut dan lidah terbentuk . Otot-otot kecil memungkinkan embrio untuk mulai bergerak.
Usia Janin  10 Minggu

Embrio sekarang dikenal sebagai janin dengan ukuran sekitar 2,5 cm . Semua organ tubuh terbentuk dan tangan dan kaki yang sebelumnya tampak seperti tonjolan atau dayung , kini berkembang menjadi jari tangan dan kaki . Otak yang aktif dan memiliki gelombang otak .

Usia Janin  11 Minggu
Gigi terdapat dalam gusi yang berbentuk tunas. Hati kecil berkembang lebih lanjut.

Usia Janin  12 Minggu

Jari tangan dan kaki mulai dikenali dengan jelas, tapi masih terjebak bersama-sama dengan jaringan kulit. Pertama trimester gabungan tes skrining (tes darah ibu + USG bayi ) dapat dilakukan sekitar waktu ini . Tes ini memeriksa trisomi 18 ( sindrom Edward ) dan trisomi 21 (sindrom Down) .

Usia Janin  13 Minggu
Janin bisa berenang disekitarnya dengan lebih lincah dan ukuran janin sekarang lebih dari 7 cm .

Usia Janin  14 Minggu

Kelopak mata yang menyatu di atas mata sepenuhnya dikembangkan . Bayi sekarang dapat membisu menangis , karena memiliki pita suara. Bahkan mungkin mulai mengisap jempolnya. Jari tangan dan kaki tumbuh kuku .

Usia Janin  16 Minggu

Janin adalah sekitar 14 cm . Bulu mata dan alis yang telah muncul , dan lidah memiliki tastebuds. Trimester kedua skrining serum ibu akan ditawarkan saat ini jika tes trimester pertama tidak dilakukan (lihat minggu 12).

Usia Janin  18 Minggu

USG akan ditawarkan. Morfologi ini pemindaian janin adalah untuk memeriksa kelainan struktural, posisi plasenta dan kehamilan multipel. Menariknya, hiccoughs pada janin sering dapat diamati .

READ:  Konsul Seputar Hamil dengan Riwayat Kanker Payudara

Usia Janin  20 Minggu

Janin adalah sekitar 21 cm . Telinga berfungsi penuh dan dapat mendengar suara tertahan dari dunia luar . Ujung jari memiliki sidik jari. Alat kelamin sekarang dapat dibedakan dengan pemeriksaan USG .

Usia Janin 24 Minggu

Janin adalah sekitar 33 cm. Kelopak mata menyatu sekarang terpisah menjadi kelopak atas dan bawah , yang memungkinkan bayi untuk membuka dan menutup matanya. Kulit ditutupi rambut halus ( lanugo ) dan dilindungi oleh lapisan lilin sekresi ( vernix ). Bayi membuat gerakan pernapasan dengan paru-parunya .

Usia Janin  28 Minggu

Berat bayi anda sekarang sekitar 1 kg  dan ukuran sekitar 25 cm ( 10 inci) dari puncak kepala sampai bokong. Panjang dari kepala sampai ujung kaki sekitar 37 cm. Tubuh berkembang telah terjebak dengan kepala besar dan bayi sekarang tampaknya lebih proporsional.

Usia Janin 32 Minggu

Bayi menghabiskan sebagian besar waktunya tidur. Gerakannya yang kuat dan terkoordinasi. Ini mungkin telah mengambil posisi terbalik (posisi jungkir) sekarang, dalam persiapan untuk kelahiran.

Usia Janin 36 Minggu

Bayi sekitar 46 cm. Itu mungkin telah terletak kepalanya ke panggul ibunya, siap untuk melahirkan. Jika lahir sekarang, kemungkinan untuk bertahan hidup sangat baik. Pengembangan paru-paru berlangsung cepat selama beberapa minggu ke depan .

Usia Janin  40 Minggu

Bayi sekitar 51 cm dan siap untuk dilahirkan . Tidak diketahui persis apa yang menyebabkan awal persalinan . Hal ini kemungkinan besar kombinasi faktor fisik, hormonal dan emosional antara ibu dan bayi .

Demikianlah pembahasan singkat mengenai Perkembangan janin dari Minggu Keminggu dan semoga ada manfaatnya bagi pembaca konsultasikedokteran.com ini, semoga informasi yang kami berikan bisa bernilai tambah pada informasi yang mungkin anda butuhkan.

Loading...