Penyebab Nyeri Payudara yang Patut Diwaspadai


Loading...

Penyebab Nyeri Payudara yang Patut DiwaspadaiNyeri payudara atau Mastalgia merupakan hal umum terjadi pada wanita terlebih lagi pada wanita dari kelompok usia reproduksi. Tapi rasa nyeri ini juga tidak selamanya bahwa ini karena pengaruh hormonal biasa dan bukan karena adanya penyakit lain yang menyertainya.

Untuk mengetahui apakah nyeri payudara tersebut karena nyeri biasa ataukah karena kanker atau kista tentunya butuh diagnosa lebih lanjut dari dokter.

Diagnosa nyeri payudara didasarkan pada jenis nyeri, lokasi dan hubungannya dengan siklus menstruasi karena siklus menstruasi juga umumnya dapat menimbulkan rasa nyeri.

Hal atau kondisi lain penyebab mastalgia ini seperti ketidakteraturan menstruasi , stres emosional dan perubahan obat-obatan dapat memicu atau memperburuk rasa sakit pada payudara.

Terlepas dari rasa nyeri yang bukan ditimbulkan oleh penyakit atau kondisi serius lainnya, dokter mungkin memutuskan untuk mengobatinya tergantung pada keparahan dan seberapa sering itu terjadi, terutama jika mengganggu kegiatan sehari- hari pasien.

Tapi dengan semakin meningkatnya kesadaran wanita akan bahayanya kanker payudara maka nyeri tersebut seringkali menjadi buah pikiran juga.

READ:  Mengobati benign prostatic hypertrophy

Nah, oleh karena itu perlunya sedikit informasi mengenai nyeri payudara tersebut, dengan mengetahui apa saja penyebab nyeri payudara dan tindakan apa yang sebaiknya ditempuh.

Berikut ini adalah beberapa penyebab nyeri payudara yang mungkin sebaiknya diketahui oleh para wanita seperti:

Perubahan fibrokistik
Perubahan fibrokistik pada payudara mungkin muncul sebagai penebalan jaringan fibrosa, yang dapat menghilang sendirinya. Benjolan kecil yang disebut fibroadenoma tersebut dapat terjadi seiring dengan perubahan fibrokistik payudara. Benjolan terasa kenyal dan bergerak. Perubahan fibrokistik payudara biasanya tidak berbahaya .

Kista payudara
Kista payudara adalah akumulasi berbatas cairan yang mengeras dalam payudara dengan tekstur yang lebih lembut, terutama sebelum menstrusi.

Infeksi payudara
Mastitis atau infeksi payudara biasanya terjadi selama menyusui dengan menunjukkan gejala seperti demam, nyeri, pembengkakan dan kemerahan serta peningkatan suhu pada payudara.

Cedera Payudara
Penyebab nyeri pada payudara lainnya adalah luka atau cedera pada payudara yang mungkin didapatkan pasca operasi payudara.

Costochondritis
Costochondritis adalah peradangan pada tulang rawan di mana tulang rusuk yang berhubungan dengan tulang dada sehingga mungkin pasien merasakan bahwa rasa nyeri itu muncul dari payudara atasnya.

READ:  Perbedaan Antara Leukemia Dengan Limfoma

Kanker Payudara
Nyeri payudara berhubungan dengan adanya benjolan di payudara harus diselidiki untuk kanker. Dari beberapa catatan, kanker payudara sering terjadi tanpa rasa sakit, sehingga setiap benjolan payudara harus diselidiki untuk kanker terlepas dari ada atau tidak adanya rasa sakit.

Jadi ketika anda merasakan adanya rasa nyeri pada payudara anda sebaiknya periksakan diri anda terlebih dahulu pada dokter anda. Jangan remehkan rasa nyeri tersebut karena bisa jadi hal itu adalah bukan nyeri biasa seperti saat hendak menstruasi. Waspadai nyeri payudara anda sebelum terlambat.

Loading...