Fakta Nutrisi Dalam Kacang Almond


Loading...

Fakta Nutrisi Dalam Kacang AlmondAlmond dengan nama ilmiahnya prunus dulcis merupakan gudang nutrisi yang dapat meningkatkan kesehatan tubuh. Tak heran jika kacang almond ini sering digunakan sebagai ramuan herbal tradisional untuk mengatasi sejumlah penyakit tertentu, termasuk dalam mengatasi sejumlah permasalahan pada kulit.

Kacang almond merupakan tanaman yang kaya serat, vitamin dan mineral dan sekaligus sebagai sumber pelengkap energi
Kacang almond juga diperkaya dengan asam lemak tak jenuh tunggal seperti oleat, dan asam palmitoleat yang membantu dalam menurunkan LDL (kolesterol jahat) dan meningkatkan HDL (kolesterol baik) dalam tubuh manusia.

Studi penelitian menunjukkan bahwa diet dengan asam lemak tak jenuh tunggal, membantu mencegah penyakit arteri koroner dan stroke dengan mendukung profil lipid darah yang sehat.

Kacang almond merupakan sumber yang sangat baik dari vitamin E (mengandung sekitar 25 g per100 g. Sementara kita ketahui bahwa Vitamin E adalah antioksidan larut lemak yang kuat, diperlukan untuk menjaga integritas membran sel selaput lendir dan kulit dengan melindungi dari radikal berbahaya bebas oksigen.

Almond bebas gluten dalam, dan oleh karena itu, salah satu bahan populer dalam penyusunan formula makanan bebas gluten.

Kacang almond juga dikemas dengan segudang vitamin B kompleks seperti riboflavin, niacin, thiamin, asam pantotenat, vitamin B-6, dan folat. Secara keseluruhan, vitamin ini bekerja sebagai co-faktor untuk enzim selama metabolisme substrat seluler.

Selain itu, almond juga merupakan sumber yang luar biasa dari mineral seperti mangan, kalium, kalsium, besi, magnesium, seng, dan selenium.

Minyak almond, diekstrak dari kacang-kacangan dapat digunakan sebagai emolien yang jika diterapkan secara teratur pada kulit maka dapat membantu menjaga kulit terlindungi dari kekeringan.

Selain itu, minyak almond ini juga sering digunakan sebagai bahan utama pembuatan obat-obatan tradisional dalam aromaterapi, farmasi dan industri kosmetik.

Selain vitamin E dan vitamin B kompleks, minyak almond juga mengandung vitamin D dan mineral kalsium sehingga sangat baik untuk membuat rambut semakin halus.

Minyak almond juga sangat baik untuk kulit, utamanya dalam mengatasi masalah kulit kering dan kusam, sebagai anti aging ( anti penuaan kulit), bahan penghalus kulit, mengatasi iritasi dan luka bakar.

Dengan melihat fakta sejumlah nutrisi dan manfaatnya untuk kesehatan kita diatas, maka sudah sepantasnyalah minyakalmond ini selalu tersedia di dalam lemari obat kita.

Loading...